Seafood

Seafood atau dalam bahasa Indonesia disebut boga bahari, makanan laut atau hidangan laut adalah sebutan untuk makanan berupa hewan dan tumbuhan laut yang ditangkap, dipancing, diambil dari laut maupun hasil budidaya.

 

Di beberapa negara, istilah "makanan laut" juga mencakup mamalia laut, ikan dan kerang yang ditangkap atau dikumpulkan nelayan dari air tawar (danau dan sungai). Makanan laut merupakan sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral (seng, zat besi, selenium, magnesium, dan yodium).


Makanan laut sudah dikonsumsi manusia sejak zaman purba. Orang Mesir kuno memanfaatkan makanan laut sebagai sumber protein. Makanan laut diperoleh dengan cara memancing di Laut Mediterania dan Sungai Nil, serta memelihara ikan di kolam. Orang Yunani kuno juga memakan ikan dan kerang-kerangan dalam bentuk segar atau kering.(Source: wikipedia.com)

 

 

  1. Baik Untuk Penderita Depresi. Depresi disebabkan oleh stres kronis. Asupan makanan laut dapat mengurangi tanda-tanda depresi sampai pada taraf tertentu. Seafood dapat meningkatkan DHA tubuh untuk mengurangi tingkat depresi. Asupan seafood juga melindungi manusia terhadap depresi kronis.
  2. Meningkatkan Penglihatan Mata. Minyak seafood mengandung kaya omega 3 asam lemak. Asupan makanan laut yang kaya minyak dalam diet baik untuk penglihatan mata. Kerang kaya akan vitamin A yang meningkatkan penglihatan.
  3. Mencegah Asma. Telah dibuktikan, konsumsi ikan laut secara teratur dapat membantu melindungi paru-paru. Orang yang makan makanan laut secara teratur lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan serangan asma. Yang pada selanjutnya juga membantu dalam menyembuhkan asma. Oleh karena itu, asupan asupan seafood baik bagi orang yang menderita asma.
  4. Membantu Menjaga Kulit. Ikan dan minyaknya kaya akan omega 3 asam lemak dan protein. Protein alami membantu untuk memperlambat proses penuaan pada perempuan. Seafood juga membantu dalam kegiatan produksi kolagen. Omega 3 asam lemak membantu menjaga kulit terlihat lebih muda. Hal ini termasuk berbagai jenis makanan laut yang dikonsumsi sehari-hari untuk menjaga kulit bercahaya dan sehat.
  5. Menjaga Kesehatan Jantung. Kandungan omega 3 dalam seafood juga membantu dalam mencegah resiko penyakit jantung. Asupan seafood juga membantu tubuh dalam memerangi kolesterol jahat sehingga baik bagi jantung. Mengkonsumsi makanan laut minimal dua kali seminggu.
  6. Baik untuk Penderita Anemia. Seafood kaya akan zinc dan zat besi, yang baik bagi penderita anemia. Asupan seafood membantu meningkatkan hemoglobin tubuh. Zinc juga sangat baik untuk kesehatan rambut.
  7. Menjaga Tulang. Seafood kaya akan kalsium, yang baik untuk kesehatan tulang. Bahkan, asupan makanan laut dalam diet membantu untuk meringankan masalah nyeri sendi terkait arthritis pada wanita. (Source:vemale.com)

 

  1. Berbagai jenis ikan
  2. Krustacea (udang, kepiting)
  3. Moluska (kerang, cumi)
  4. Echinodermata (teripang)
  5. Tumbuhan air seperti ganggang dan rumput laut. (source: fiestaseafood.com)

 

  • Aneka jenis ikan laut seperti : ikan ayam-ayaman ,bandeng,baronang, bawal , kakap merah besar & kecil, kue gepeng & lilin, layur , ikan sebelah, pari , pisang-pisang, ekor kuning, selar, tenggiri , teri galler & nasi, terisi, tongkol , tuna, salmon, makarel
  • Udang peci, jerbung & putih (udang tambak)
  • Cumi sero
  • Kerang dara & hijau
  • Rajungan

 

  1. Rendah lemak. Jangan salah menyangka, bila makanan seafood terdapat kadar lemak yang tinggi tapi pada kenyataannya makanan ini sangat rendah lemak, yaitu ikan dan kerang. Perlu diingat daging tanpa lemak seperti ikan, salmon, udang merupakan makanan laut yang sehat karena sangat sedikit kadar lemak jenuh sehingga Anda tak perlu lagi khawatir soal kenaikan berat badan Anda.
  2. Protein. Salah satu manfaat mengonsumsi makanan laut lainnya adalah begitu besar kadar omega-3 yang dimilikinya terutama pada omega-3 asam lemak, kadar ini membantu Anda untuk memiliki jantung yang sehat. Makanan seafood seperti salmon, makarel memiliki kadar omega-3 asam lemak yang kaya.
  3. Diet. Untuk melakukan diet, Anda bisa mengonsumsi seafood tetapi dalam menyantapnya kadarnya pun juga harus dibatasi sebab semua makanan yang dikonsumsi berlebihan tentunya tidak bagus buat Anda.
  4. Vitamin dan Mineral. Makanan laut bukan sebatas kaya akan protein tapi vitamin dan mineralnya juga sangat bagus, apalagi bila dalam mengolahnya cukup dikukus atau dipanggang saja sebab nilai gizi dan nutrisi pada olahan makanan laut masih bisa terasa dan di dapatkan ketimbang dengan cara digoreng. Bahkan makanan laut atau seafood ini dipercaya sebagai makanan yang lebih baik kadar nutrisinya ketimbang daging maupun telur terutama pada ikan dan kepiting yang kaya sekali kadar vitamin dan mineralnya.
  5. Ikan. Makanan seafood yang satu ini sangat kaya rendah kalori dan kolesterol, bahkan ikan kaya akan omega-3nya, cukup konsumsi ikan dua hingga tiga kali dalam seminggu, efek lainnya ikan bisa membuat penglihatan jadi lebih baik.

 

  1. Sebaiknya simpan seafood dalam lemari es dengan suhu rendah sehingga tetap menjaga kualitas ikannya.
  2. Ketika di simpan dalam lemari es, sebaiknya seafood dibungkus dengan kertas alumunium atau wadah yang kedap udara agar aroma seafood yang cenderung amis tidak menyebar keseluruh penjuru kulkas .
  3. Setelah mengolah seafood, buanglah sisa-sisa seafood yang sudah tidak di gunakan agar menjaga aroma di dapur tetap nyaman. (source: bakoelikan.blogspot.com)

 

*Untuk melihat resep lengkap KLIK judul atau gambar resep

1. Udang goreng saus mayonnaise

Resep-Udang-Goreng-Mayonaise - tupperwareindonesiapromo.com.jpg

2.  Fish and cheese fritters

Fish-and-Cheese - belajar-masak.com.jpg

3. Sup seafood asam pedas

sup-seafood-asam-pedas - sajiansedap.com.jpg

4. Lobster rica-rica

lobster rica-rica - eresep.com .jpg

5. Salmon encroute

Salmon-En-Croute - jwrecipes.com.jpg

6. Spicy and sour seafood

Spicy and sour seafood - sajiansedap.com.jpg

7. Kakap saus tiram

Ikan-kakap-saus-tiram - royco.co.id.jpg

8. Lumpia udang mayonnaise

Lumpia-Udang-Mayonaise - resepkuekeringku.com.jpeg

9. Udang pedas manis

Udang-Pedas-Manis - sajiankuliner.com.jpg

10. Sup kerang