Cara Menghilangkan Bau Kulkas dengan Cepat!

1 December 2021

Aroma tidak sedap dari kulkas merupakan masalah yang kerap dialami banyak orang. Biasanya, ini disebabkan oleh makanan atau minuman yang disimpan terlalu lama. Sebagai solusi, yuk simak cara menghilangkan bau kulkas dengan bahan alami berikut ini!

Larutan Garam Dapur
Cara menghilangkan bau kulkas yang pertama adalah dengan menggunakan garam dapur. Anda hanya perlu melarutkan garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian celupkan spons ke dalam larutan tersebut dan gunakan untuk menggosok permukaan kulkas. Setelah kering, aroma tak sedap akan hilang dan kulkas terasa lebih segar.

Cairan Lemon
Penghilang bau kulkas berikutnya adalah larutan lemon. Aroma lemon yang segar sangat efektif untuk menghilangkan bau amis. Anda bisa menggunakannya sebagai pengharum kulkas dengan meletakkan air perasan lemon di setiap rak. Kesegarannya akan terasa setelah kulkas ditutup selama kurang lebih 30-45 menit.

Baking Soda
Cara menghilangkan bau kulkas berikutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Anda bisa mencampurkan baking soda ke dalam air, lalu simpan di sudut rak kulkas. Atau cukup letakkan wadah kecil berisi bubuk baking soda di dekat sumber bau. Dalam 24 jam, kulkasmu akan terbebas dari aroma yang tak sedap!

Potongan Kentang
Berikutnya, Anda bisa gunakan potongan kentang agar kulkas tidak bau. Caranya mudah, cukup cuci bersih kentang lalu potong menjadi beberapa bagian. Kemudian letakkan di dekat sumber bau agar aromanya terserap oleh kentang. Jika potongan tersebut sudah mengering, Anda hanya perlu menggantinya dengan yang baru.

Semangkuk Oatmeal
Agar kulkas tidak bau, Anda juga bisa meletakkan semangkuk oatmeal di dalamnya. Bahan makanan satu ini juga efektif untuk menyerap aroma tak sedap. Efeknya, kulkas akan terasa segar kembali saat digunakan.

Bubuk Kopi
Penghilang bau berikutnya adalah bubuk kopi. Karena bahan ini memiliki aroma yang khas, bubuk kopi juga dapat dimanfaatkan sebagai pengharum kulkas. Anda hanya perlu menaburkannya dalam wadah kecil, lalu masukkan ke dalam kulkas. Aroma tak sedap akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa jam.

Sebongkah Arang
Tak hanya untuk membakar sate, arang juga merupakan penyerap bau yang efektif. Anda hanya perlu meletakkannya di dalam kulkas, dekat makanan yang aromanya menyengat. Kemudian tutup pintu kulkas rapat-rapat agar bau busuk segera menghilang.

Jus Tomat
Tak hanya lezat, secangkir jus tomat juga bisa digunakan sebagai penghilang aroma tak sedap di kulkas. Caranya mudah, Anda hanya perlu mengelap permukaan kulkas dengan larutan ini. Namun ingat, gunakan jus tomat murni yang tidak dicampur dengan gula. Tak hanya itu, lap ulang kulkas dengan air bersih setelah jus tomat mengering agar tidak ada kesan lengket.

Kantung Teh Bekas
Setelah menyeduh teh, jangan langsung membuang kantung bekasnya, ya. Anda bisa menmanfaatkan kantung teh bekas sebagai pengharum kulkas. Cukup letakkan di dalam kulkas dengan alas piring atau gelas kemudian tutup rapat pintu kulkas. Nantinya kantung teh akan menyerap aroma tak sedap yang mengganggu.