ayo makan sehat dengan kelengkeng

Kelengkeng si Buah Manis Bagus Untuk Diet

6 January 2021

Kelengkeng atau Lengkeng, (Dimocarpus longan), juga biasa disebut dengan Longan, pohon buah tropis dari keluarga soapberry (Sapindaceae), asli Asia dan diperkenalkan ke daerah hangat lainnya di dunia. Buah berdaging putih yang dapat dimakan ini agak mirip dengan leci dan biasanya dijual segar, dikeringkan, atau kalengan dalam sirup. Dagingnya yang berair memiliki rasa yang manis.

Rasa manis yang dimiliki oleh Kelengkeng ini mengandung banyak nutrisi dan kaya dengan antioksidan polifenol. Sehingga tak heran jika buah ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain dapat dijadikan sebagai menu diet, inilah beberapa manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan lainnya.

Membantu Program Diet
Bagi kamu yang sedang menjalani diet, buah kelengkeng juga dapat membantu program dietmu lho. Hal ini karena buah kelengkeng memiliki lemak dan kalori yang rendah. Untuk setengah cangkir buah kelengkeng hanya terdapat 35 kalori. Apalagi dengan kandungan seratnya juga dapat membuatmu kenyang lebih lama. Jadi, buah kelengkeng cocok dijadikan sebagai menu dietmu.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Salah satu keuntungan dari buah kelengkeng ialah mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini tentunya dapat membantu dirimu untuk tidak mudah mengalami sakit, karena tubuh akan berusaha melawan bakteri dan virus.

Meningkatkan Kekuatan Tulang
Rajin mengonsumsi buah kelengkeng diketahui dapat meningkatkan kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis. Hal ini sendiri tak lain karena buah kelengkeng memiliki kandungan kalsium. Nah agar tulang tetap kuat, disamping itu kamu juga perlu menunjangnya dengan olahraga ya!

Menjaga Kesehatan Mata
Sebagai buah yang banyak nutrisi dan mengandung antioksidan, buah kelengkeng juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata. Seperti halnya dalam mencegah kerusakan mata, mengurangi penyakit katarak dan degenerasi makula.

Mengurangi Stres
Salah satu manfaat buah kelengkeng yang tak kalah jauh lebih pentingnya ialah dapat membantu mengurangi stres. Mengonsumsi buah kelengkeng dapat membantu meningkatkan fungsi syaraf, memberikan efek ketenangan, mengurangi rasa lelah, dan membantu mengatasi masalah insomnia.

Mencegah Anemia
Buah kelengkeng diketahui juga dapat mengatasi anemia atau penyakit kekurangan sel darah merah. Hal tersebut dikarenakan buah kelengkeng mengandung zat besi yang tinggi, sehingga dapat membantu merangsang produksi sel darah merah ke dalam tubuh.

Melancarkan Pencernaan
Adanya kandungan serat dalam buah kelengkeng dapat bermanfaat dalam melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, kelengkeng juga dapat meningkatkan kesehatan usus dengan baik.

 

Ayo makan sehat dengan mengkonsumi buah kelengkeng dan bisa di jadikan cemilan sehat untuk keluarga (fruit snack).