Cek Manfaat Konsumsi Ikan Makarel! Salah Satunya Mencegah Anemia

15 June 2022

Ikan makarel atau makerel (dengan huruf e) sebenarnya merupakan sebutan untuk sekelompok ikan yang berasal dari famili Scombridae. Ikan ini masih bersaudara dengan ikan tenggiri dan ikan kembung. Banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, tidak heran jika ikan makarel dapat memberikan berbagai macam manfaat kesehatan.

Meningkatkan Imunitas Tubuh
Manfaat ikan makarel bagi kesehatan yang pertama adalah dapat meningkatkan imunitas tubuh. Dalam hal ini, kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat di dalamnya berperan sebagai senyawa anti-inflamasi. Kandungan ini bekerja membantu mengelola radang sendi. Bukan hanya itu, kandungan ini juga dapat melindungi sel dari kerusakan yang menyebabkan risiko kanker. Secara umum, konsumsi ikan makarel dapat meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan semua ancaman infeksi penyakit.

Mengontrol Tekanan Darah
Manfaat ikan makarel bagi kesehatan berikutnya adalah mengontrol tekanan darah. Manfaat ini didapatkan dari kandungan kalium yang terdapat di dalamnya. Kandungan ini berguna untuk menjaga tekanan darah normal dan menurunkan risiko komplikasi kesehatan. Termasuk berbagai risiko penyakit kardiovaskular. Mulai dari penyakit diabetes, jantung, hingga stroke.

Meredakan Gejala Artritis Reumatoid
Manfaat ikan makarel selanjutnya adalah meredakan gejala artritis rheumatoid. Bukan tanpa alasan, ikan makarel mempunyai agen anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan gejala nyeri sendi dan kekakuan otot, terutama pada penderita artritis reumatoid. Jika Anda mempunyai masalah kesehatan ini, konsumsi ikan makarel bisa menjadi alternatif pengobatan. Dengan begitu, perlahan gejala artritis yang dialami akan semakin berkurang dan dapat mempercepat proses penyembuhan.

Membantu Menurunkan Berat Badan
Membantu menurunkan berat badan juga termasuk salah satu manfaat ikan makarel bagi kesehatan yang bisa didapatkan. Dalam hal ini, kandungan asam lemak omega 3 dapat membantu menurunkan berat badan secara efektif. Berdasarkan hasil penelitian, konsumsi minyak ikan secara rutin dan disertai dengan aktivitas olahraga teratur dapat mengurangi lemak perut secara signifikan. Bukan hanya itu, konsumsi ikan makarel juga dinilai dapat melancarkan metabolisme serta membantu mengurangi gula darah pada orang yang mengalami obesitas.

Menurunkan Kadar Kolesterol
Manfaat ikan makarel bagi kesehatan yang tidak kalah penting yaitu mampu menurunkan kadar kolesterol. Dalam hal ini, minyak ikan berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Di sini, minyak ikan bekerja mencegah penyerapan kolesterol pada usus, dan pada saat bersamaan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ini termasuk manfaat penting yang bisa didapatkan agar mendapatkan tubuh sehat dan terhindari dari berbagai risiko penyakit berat.

Mencegah Penyakit Jantung
Mencegah penyakit jantung juga termasuk salah satu manfaat ikan makarel bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Di sini, ikan makarel kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda, serta mempunyai rendah lemak. Beberapa kandungan dan kelebihan ini, dapat membantu menurunkan risiko komplikasi jantung seperti stroke, aterosklerosis, serangan jantung, dan aritmia. Ini bisa menjadi rekomendasi makanan sehat yang bisa Anda konsumsi mulai dari sekarang

Mengurangi Risiko Diabetes
Manfaat ikan makarel bagi kesehatan selanjutnya adalah mengurangi risiko penyakit diabetes. Manfaat ini juga didapatkan dari kandungan lemak sehat dan asam lemak tak jenuh tunggal yang ada di dalamnya. Kandungan ini diketahui mempunyai peranan penting dalam pencegahan dan pengendalian gula darah pada penderita diabetes. Sehingga mengonsumsi ikan makarel secara rutin dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh serta menurunkan lemak visceral yang bisa memicu penyakit diabetes.

Mencegah anemia
Vitamin B12 adalah salah satu nutrisi penting bagi kesehatan. Jika mengalami kekurangan B12 dapat berpotensi menyebabkan anemia dan menurunnya sistem saraf.  Ikan makarel kaya akan vitamin B12 yang sangat baik untuk tubuh dan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian.