Info Sehat: Manfaat buah untuk anak-anak

Manfaat buah untuk anak-anak

Buah-buahan adalah bagian penting dalam pola makan sehat yang ideal. Kandungan nutrisi di dalamnya adalah faktor penting untuk menjaga kesehatan tubuh, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Bagi anak-anak, nutrisi dari buah bahkan sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Manfaat buah bagi anak-anak di antaranya adalah:

Nutrisi dari buah tak hanya penting bagi tumbuh kembang anak, tapi juga pada kekebalan tubuh anak. Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi buah membantu mencegah berbagai penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, Alzheimer, dll. WHO bahkan memperkirakan bahwa 2,7 juta nyawa tiap tahun bisa diselamatkan dengan konsumsi buah-buahan secara rutin.

Konsumsi buah mengurangi resiko obesitas pada anak. Tidak heran, karena kandungan nutrisi tinggi buah dilengkapi dengan kandungan lemak dan kalori yang rendah. Survey yang dilakukan U.S Department of Health and Human Services menyatakan bahwa konsumsi buah yang tinggi berhubungan dengan berat badan yang sehat.

Kandungan serat tinggi pada buah membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Resiko konstipasi pun berkurang dengan signifikan dengan konsumsi buah secara rutin.

Menurut penelitian yang diterbitkan pada Journal of School Health edisi April 2008, anak dengan pola makan sehat dan banyak mengkonsumsi buah lebih sukses secara akademis dibandingkan anak yang jarang mengkonsumsi buah.

Memperbanyak konsumsi buah akan membuat anak mengurangi konsumsi makanan dan cemilan kemasan yang tidak sehat. Ketika perut anak sudah penuh dan kenyang dengan buah segar, tentu dia tidak akan merasa lapar dan mencari cemilan tambahan yang kurang sehat.

Tiap buah dengan warna yang berbeda bahkan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Itu sebabnya konsumsi buah yang bervariasi sangat disarankan. Saat ini memang sudah banyak tersedia berbagai vitamin yang bisa dikonsumsi oleh anak Anda. Tapi kandungan nutrisi dari vitamin tidak akan terserap sebaik kandungan nutrisi alami dari buah segar. Jadi, berhenti mengandalkan vitamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak Anda dan mulai sajikan buah segar secara rutin pada pola makan anak Anda. (sumber: brighterlife.co.id)