Cek Buah yang Bisa Meningkatkan Imun Tubuh!

4 August 2021

Sistem kerja imun dapat dipahami secara sederhana sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan penyakit. Sistem ini akan bekerja melindungi tubuh dari serangan organisme atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Oleh sebab itu, sistem daya tahan tubuh penting untuk terus dijaga agar kita bisa terhindar dari kemungkinan terjangkit atau tertular penyakit.

Apalagi di masa pandemi seperti ini, salah satu cara yang baik dilakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat adalah dengan mengonsumsi buah-buahan tertentu yang bisa menambah dan meningkatkan imun tubuh.

Berikut ini adalah beragam buah untuk meningkatkan daya tahan tubuh:

Apel
Manfaat buah apel yang paling penting, yaitu menjaga imunitas tubuh. Ini karena kandungan antioksidan yang bernama quercetion dalam buah apel, dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Jeruk                                                                                   
Banyak orang selama ini langsung mencari sumber vitamin C ketika terserang flu. Hal itu dikarenakan, vitamin C memang dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Menurut dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, vitamin C dianggap dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan kunci untuk melawan infeksi. Hampir semua buah jeruk mengandung vitamin C yang tinggi. Dengan keragaman yang dapat dipilih, menambahkan jeruk ke asupan harian juga mudah. Ada beberapa jenis buah jeruk yang populer seperti jeruk bali, jeruk medan, jeruk nipis, jeruk keprok, dan jeruk lemon.

Melon Jingga (Cantaloupe)
Melon jingga termasuk dalam makanan sehat yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun. Beta-karoten, vitamin A, dan vitamin C dalam melon jingga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi.

Pepaya
Jenis buah lain yang kaya akan vitamin C adalah pepaya. Kamu dapat menemukan jumlah vitamin C yang direkomendasikan setiap hari dalam satu buah pepaya berukuran sedang. Pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek antiinflamasi. Di dalam buah pepaya juga terkandung kalium, magnesium, dan folat yang cukup, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Kiwi
Seperti halnya pepaya, Kiwi secara alami penuh dengan nutrisi penting, termasuk folat, kalium, vitamin K, dan vitamin C. Vitamin C dalam kiwi dapat meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi. Satu buah kiwi berukuran sedang dapat mengandung 71 mg vitamin C atau 79 persen dari kebutuhan vitamin C harian orang dewasa. Sementara, nutrisi kiwi lainnya bermanfaat untuk menjaga seluruh tubuh berfungsi dengan baik.

Jambu Biji
Jambu biji bisa dimasukkan ke dalam buah untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena kaya akan vitamin C. Dalam satu buah jambu biji, bisa terkandung 126 mg vitamin C atau 140 persen dari jumlah kebutuhan vitamin C harian orang dewasa. Buah ini juga terbukti sangat kaya akan kandungan antioksidan likopen yang berpotensi dapat mencegah atau memperlambat pertumbuhan sel kanker tertentu. Selain itu, konsumsi buah jambu biji diyakini bermanfaat pula untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah studi selama enam minggu yang melibatkan 45 orang muda dan sehat, menemukan bahwa mengonsumsi 400 gram jambu biji yang dikupas setiap hari atau sekitar 7 buah buah ini, secara signifikan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol total.