Walau Pedas, Konsumsi Cabe Mera Secara Wajar Banyak Manfaatnya

Dibalik rasanya yang pedas, ternyata banyak manfaat cabe merah untuk kesehatan yang tidak banyak diketahui orang.

Berikut adalah beberapa manfaat cabe merah apabila dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan:

Mengatasi hidung tersumbat
Konsumsi makanan yang mengandung cabe dapat membantu melegakan hidung tersumbat. Tapi, jangan mengonsumsinya secara berlebihan jika tidak ingin sakit perut dan mengalami diare.

Meredakan nyeri
Kandungan capsaicin pada cabe mampu meredakan rasa sakit, sehingga kerap dimasukkan ke dalam salep ataupun krim pereda nyeri otot dan sendi. Anda mungkin akan merasakan sensasi panas saat mengoleskan salep atau krim yang mengandung capsaicin, namun nyeri otot dan sendi yang Anda rasakan dapat menjadi berkurang.

Meningkatkan imunitas tubuh
Kandungan vitamin C yang terdapat pada cabe bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, vitamin C juga dikenal baik untuk kesehatan kulit.

Mengurangi risiko terserang penyakit jantung
Meski masih perlu diteliti lebih lanjut, namun kandungan capsaicin yang terdapat pada cabe dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah penyumbatan pembuluh darah penyebab penyakit jantung

Mencegah penyakit kanker
Kandungan karotenoid pada cabe memiliki sifat antioksidan, sehingga dapat melawan sel-sel penyebab kanker. Namun, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait peranan cabe dalam melawan sel kanker.

Membakar lemak tubuh
Konsumsi cabe secukupnya dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena kandungan capsaicin yang terdapat pada cabe mampu meningkatkan pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh.