Tips Panggang Kue dengan Air Fryer

16 December 2021

Air fryer tidak hanya bisa digunakan untuk menggoreng makanan, namun juga untuk membuat kue. Banyak orang yang tertarik membuat kue sendiri menjelang hari-hari besar keagamaan seperti Idul Fitri & Natal. Namun keinginan ini biasanya terkendala tidak memiliki oven untuk memanggang kue.

Sebenarnya ada banyak metode alternatif yang bisa dipakai untuk membuat kue, termasuk menggunakan air fryer. Ya, alat menggoreng yang diklaim lebih sehat ini bisa dipakai untuk membuat kue kering maupun cake. Daripada membuang uang hanya untuk membeli oven demi membuat satu atau dua jenis kue, akan lebih baik jika kita memanfaatkan air fryer untuk membuat kue.

Yuk kita simak tips memanggan kue dengan menggunakan air fryer…

Kurangi suhunya
Kurangi suhu yang disarankan dalam resep kue jika kita memanggang dengan air fryer. Secara umum, kita disarankan untuk menurunkan suhunya sebebsar 14 derajat. Panas yang dihasilkan oven dan air fryer berbeda karena mekanisme mesinnya karena itu perlu ada penyesuaian untuk mendapatkan hasil baking yang optimal.

Potong durasi memanggang
Air fryer memiliki ukuran yang lebih kecil dari oven sehingga panas lebih cepat menyebar dan merata. Hal ini bisa membuat makanan atau kue lebih cepat matang atau bahkan gosong jika tidak disesuikan. Agar hasilnya sesuai keinginan, kurangi waktu memanggang yang disarankan sekitar 20% atau seperlimanya. Jika resep asli menyarankan memanggang selama 20 menit, maka waktu 16 menit saja sudah cukup.

Cek kematangan secara berkala
Karena tidak menggunakan alat yang dianjurkan, ada baiknya kita melakukan pengecekan kue secara berkala ketika dipanggang. Hal ini untuk memastikan makanan yang kita buat benar-benar matang merata. Jika perlu, ubah posisi kue agar panasnya merata dan matang dengan sempurna.

Panaskan air fryer sebelum dipakai
Sama seperti oven, air fryer juga perlu dipanaskan sebelum digunakan untuk memanggang kue. Tujuannya untuk mendapatkan panas yang diinginkan sehingga proses memanggang bisa lebih cepat.

Jangan taruh terlalu banyak adonan
Membuat kue memang memakan waktu yang cukup lama dan terkadang melelahkan. Karena itu, banyak pemula yang tidak sabar dan tergoda untuk memasukkan terlalu banyak adonan ke dalam pemanggang. Namun ide ini hanya akan membuat kue tidak matang, gosong atau bahkan lengket. Terlebih lagi air fryer memiliki ruang yang relatif lebih kecil dibandingkan oven. Ada baiknya untuk memberikan ruang yang cukup ketika menyusun kue ketika akan dipanggang. Tujuannya agar udara panas dapat tersirkulasi dengan baik agar bisa matang sempurna dan bersamaan.

Untuk mendapatkan AIR FRYER GRATIS, Anda bisa mengikuti DAPUR IDAMAN BUKAN IMPIAN...
Tau ga sih kalau Super Indo ada UNDIAN DAPUR IDAMAN BUKAN IMPIAN yang diselenggarakan mulai tanggal 14 Oktober 2021 sampai dengan 5 Januari 2022? Ada hadiah ratusan perabotan dapur idaman yang keren-keren dan pasti nya bermanfaat banget, salah satunya CHOPPER. Cara ikutannya gampang banget:

  • Belanja di Super Indo minimal Rp 150.000,-, dapat 1 kupon undian . Berlaku kelipatan.
  • Belanja produk sponsor, tambah 1 ekstra kupon undian. Tidak berlaku kelipatan.
  • Isi lengkap data yang ada di kupon
  • Masukkan ke dalam kotak undian yang ada di counter service seluruh Super Indo
  • Akan ada hadiah:

  • Kulkas side by side Sharp
  • Oven Signora
  • Air fryer Phillips
  • Slow juicer Sharp
  • Slow cooker Russell Hobbs
  • Chopper Mitochiba
  • Cookware Dong Hwa
  • Daaan… khusus MEMBER APLIKASI MY SUPER INDO, rebut hadiah 1 paket Perabotan Dapur Idaman, yaitu 1 orang pemenang dari member aplikasi My Super Indo akan memenang ketujuh hadiah yang disiapkan. Bukan hanya 1 hadiah, tapi semuaaanyaaa… Keren yaah?

    Nah, tunggu apalagi, buruan belanja ke Super Indo, dan jangan lupa SCAN aplikasi member My Super Indo nya di kasir. Supaya punya kesempatan menang 2X lebih banyak, dan mendapatkan hadiah DAPUR IDAMAN BUKAN IMPIAN.