Manfaat Super Sehat Gandum

Tidak ada yang tahu persis kapan tanaman gandum ditemukan oleh manusia. Tetapi diperkirakan manusia sudah menggunakan gandum sebagai bahan makanan sekitar sepuluh sampai lima belas ribu tahun sebelum masehi. Satu fakta menarik dalam sejarah gandum, gandum masih dimakan dengan cara primitif di berbagai belahan dunia hingga saat ini. Selain itu, gandum hanya bisa tumbuh di tempat dengan ketinggian sekitar 400-800 meter dari permukaan laut yang tanahnya subur dan sering hujan.

Tanaman gandum jarang ditemukan di Indonesia karena kondisi lingkungan fisik di Indonesia tidak cocok untuk tanaman gandum yang merupakan tanaman subtropis. Akan tetapi masyarakat Indonesia cenderung lebih menyukai produk olahan gandum seperti mie instan bahkan lebih besar dari jagung dan ubi kayu.

 

Gandum merupakan salah satu bahan makanan pokok manusia selain beras. Gandum cukup terkenal dibandingkan dengan bahan makanan lainnya, karena kandungan karbohidrat dan protein dalam biji gandum cukup tinggi. Selain itu, dalam biji gandum juga terdapat lemak, berbagai mineral, Vitamin B2 & B6 dan Vitamin E yang baik bagi kulit.

 

Gandum dapat diklasifikasikan berdasarkan tekstur biji gandum, warna kulit dan musim tanam. Namun, secara umum gandum diklasifikasikan menjadi 3 jenis. Yaitu:

1.       Bread Wheat, merupakan jenis gandum yang paling banyak ditanam di dunia dan banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan roti karena mempunyai kadar protein yang tinggi

 

2.       Soft Wheat,merupakan jenis gandum yang sedikit ditanam. Gandum ini berdaya serap air rendah dan berkadar protein rendah, cocok sebagai bahan dasar pembuatan biskuit.

 

3.       Durum Wheat, merupakan jenis gandum khusus yang cocok sebagai bahan dasar pembuatan mie dan pasta.

 

Selain rasanya yang enak, gandum juga sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan. Apalagi dikonsumsi secara rutin, bisa mengurangi risiko terkena strokedan diabetes tipe 2. Berikut manfaat lain dari tanaman gandum yang bermanfaat bagi kesehatan:

1.       Membersihkan darah

Dengan mengonsumsi gandum secara rutin setiap hari, sangat baik untuk membersihkan darah hingga mencegah beberapa penyakit yang disebabkan oleh kelainan darah.

2.       Menurunkan berat badan

Rutin mengonsumsi gandum bermanfaat untuk membantu dalam mengurangi kalori dan menjaganya tetap terkontrol. Sangat baik untuk yang ingin atau sedang melakukan diet penurunan berat badan.

3.       Meningkatkan pencernaan

Gandum sangat kaya akan serat, oleh karena itu sangat membantu dalam pencernaan makanan. Gandum dapat membantu penderita sembelit karena bekerja sebagai pencahar alami. Dengan meningkatnya proses pencernaan, maka berat badan dapat berkurang atau mempertahankan berat badan yang sehat.

4.       Terhindar dari penyakit jantung

Bagi penderita penyakit jantung, gandum adalah sahabat terbaik. Mengonsumsi gandum akan membuat jantung semakin sehat dan kuat.

5.       Mencegah kanker

Kandungan seperti vitamin E, selenium, dan serat yang ada dalam gandum sangat baik untuk mencegah penyakit mematikan

 

1.       Wheat Grass Juice

Yang saat ini populer di kota besar  adalah membuat minuman kesehatan dari Juice rumput gandum (Wheat Grass Juice). Banyak manfaat yang bisa didapat dari juice ini, antara lain mempercepat pembentukan darah merah, memperlambat proses penuanan, mengandung banyak serat yang bermanfaat bagi pencernaan serta dalam 28 ml juice rumput gandum mengandung vitamin dan minieral setara dengan 1 kg sayuran segar.

 

2.       Roti Gandum

 

Roti gandum terkenal dengan kandungan serat yang tinggi. Vitamin, mineral, zat besi dan antioksidan yang terdapat dalam roti gandum membantu mengatasi radikal bebas dan membantu mencegah penyakit jantung.

 

3.       Pasta Gandum

Pasta biasanya dihindari saat berdiet, namun pasta yang terbuat dari gandum bisa dijadikan pilihan. Karena pastanya berserat tinggi serta mengandung vitamin, mineral dan protein yang dapat mengurangi stress bagi yang mengonsumsinya.

 

4.       Biskuit Gandum

Selain bisa dijadikan olahan makanan berat, gandum juga bisa diolah menjadi camilan. Salah satunya biskuit yang rendah lemak. Daripada memakan camilan yang bisa menambah berat badan, mengonsumsi biskuit gandum bisa menjadi camilan saat berdiet sekaligus camilan yang menyehatkan.

 

5.       Oatmeal

Bagi penderita penyakit jantung, mengonsumsi oatmeal sangat baik bagi kekuatan jantung. Memang rasanya hambar, tetapi untuk menambah rasa dan selera dapat dimasukan potongan buah-buahan sebagai pelengkap. Buah juga sangat baik untuk menjaga berat badan sehingga konsumsi diet menjadi lebih baik.

 

Agar makanan berbahan dasar gandum yang kita punya bisa bertahan lama, ada beberapa cara untuk menyimpannya. Caranya tidak berbeda jauh dengan menyimpan makananan dari bahan lain, berikut tipsnya: simpan di tempat kering. Jangan letakkan makanan di tempat yang lembab karena bisa berjamur dan membusuk dan letakkan makanan dalam toples atau wadah yang tertutup. Hal ini untuk menghindari dimakan oleh kutu atau hewan pengerat.

 

Berbagai resep makanan dari bahan dasar gandum bisa dengan mudah dibuat. Yuk, simak beberapa resep berikut:

(Untuk Resep lengkap, Klik Judul atau gambar resep)

 

1. Resep makanan yang cocok untuk sarapan:

 

• ROTI GANDUM KEJU COKLAT

ROTI GANDUM GULUNG

ROTI GANDUM ISI SEHAT

 

2. Resep makanan untuk makan siang

 

FRENCH TOAST KEJU & DAGING ASAP

ROTI GANDUM SCHOOTEL WITH CORNED BEEF

GINDARA GANDUM GORENG

 

3. Resep makanan untuk makan malam

TUMIS SPAGHETTI GANDUM

UDANG GANDUM

 

4. Resep untuk camilan

 

PUDING ROTI GANDUM KISMIS

PANCAKE GANDUM UTUH ALA INDONESIA

OATMEAL COOKIES