Tips Memilih dan Menyimpan Daging Slice Agar Tetap Awet

23 March 2022

Simak tips ini yuk supaya daging slice tetap awet dan bisa diolah dengan enak...

Perhatikan warna daging saat membeli
Daging slice yang baik memiliki warna merah dan putih yang segar. Tak terlihat kusam dan bernoda adalah pertanda baik. Perhatikan pula urat-urat yang terdapat di bagian daging warna merah, semakin banyak berarti semakin baik. Kalau daging slicesudah terlihat mulai kecokelatan dan warna putihnya sudah kusam, jangan dibeli. Itu tandanya kualitas kesegaran daging sudah tak baik. Bisa jadi sudah terlalu lama dari proses pemotongannya.

Pastikan tekstur daging tak lembek
Setelah mengamati warna dari daging slice, saatnya mengetahui tekstur dagingnya. Daging slice dengan kualitas baik memiliki tekstur sedikit kenyal saat dipegang. Hal ini menandakan daging baru saja dipotong. Berbeda dengan daging slice yang sudah tidak segar, teksturnya cenderung lembek. Bahkan, saat dipegang terasa licin dan berair. Hindari memilih daging slicexdengan keadaan seperti ini, karena tandanya akan busuk dalam waktu dekat.

Jangan memilih daging sliceyang beku
Daging slice yang sudah dalam keadaan membeku sebaiknya jangan dibeli. Banyak orang yang menyepelekan hal ini, karena beranggapan kesegarannya masih terjaga. Padahal, daging slice yang dibekukan sudah dalam disimpan berhari-hari. Jika memungkinkan, pilihlah daging slice yang baru saja dipotong. Selain lebih segar, tentu saja kualitas dagingnya masih terjaga.

Simpan ke dalam wadah atau plastic wrap
Jika belum mau diolah, segera simpan dengan menggunakan wadah kedap udara. Pakailah wadah yang terbuat dari kaca, karena dipercaya sangat kedap udara. Namun, kalau kamu tak memiliki wadah kedap udara, letakkan kembali daging sliceke dalam wadah saat membeli. Tutup kembali dengan menggunakan plastic wrap layaknya pertama kali membeli. Ini bisa menjaga kualitas kesegarannya.

Marinasi daging slice dengan bumbu
Salah satu cara paling ampuh menjaga kualitas daging slicea dalah dengan memarinasinya. Menyimpan daging tipis seperti ini membuatnya lebih awet. Namun, tetap gunakan bumbu marinasi pada umumnya. Kamu bisa memakai campuran bawang putih, garam, gula pasir, dan sedikit kunyit. Semua bahan tersebut dikenal bersifat anti bakteri, sehingga daging slice tak akan mudah membusuk.

Masukkan ke dalam freezer
Kalau ingin daging slice bertahan hingga 3-4 bulan, masukkan ke dalam freezer. Tetapi, pastikan suhu yang digunakan sudah sesuai yakni 18 derajat celsius. Masukkan daging slice bersama wadah kedap udaranya. Saat akan digunakan kembali, jangan langsung dipanaskan. Tunggu sampai es pada daging mencair dengan sendirinya. Jika langsung dimasak, bisa jadi daging tak akan matang dengan sempurna.