Makan Yang Benar di New Normal

30 June 2020

Siapa Bilang Makan Benar Tidak Nikmati Hidup?

 

Banyak yang malas untuk mencoba pola makan benar karena takut jadi banyak batasan. Makan ini itu tidak boleh, akhirnya jadi tidak menikmati hidup.

 

Padahal justru dengan terbiasa makan benar, kita jadi bisa lebih menikmati hidup atau makan baik hidup sehat. Siapa sih yang tidak mau punya stamina bagus, jarang sakit dan energi yang cukup setiap hari? Pasti mau kan masih punya tenaga yang cukup buat main sama anak setelah bekerja seharian? Atau punya tenaga buat jalan-jalan keliling kota dari pagi sampai malam saat liburan (kalau pandemi sudah selesai)? Nah, kenikmatan hidup seperti inilah yang bisa kita dapatkan dengan makan benar atau dengan kata lain makan baik hidup sehat (eat well live better).

 

Dan sebenarnya caranya juga sangat mudah.

 

Buang jauh-jauh pemikiran kalau makan benar itu berarti pembatasan jenis makanan. Makan benar artinya kita menyadari apa yang kita makan dan apa dampaknya buat tubuh. Bagaimana cara mencari tahu soal ini? Sekarang informasi mengenai makanan dan kesehatan bisa didapat dimana-mana.

 

Bingung karena terlalu banyak teori yang bertentangan? Tidak perlu bingung, karena setiap manusia punya kebutuhan berbeda. Jadi, mulailah mendengarkan tubuh kita. Tubuh selalu memberi sinyal tentang apa yang ia perlukan. Misalnya ketika kita kurang minum air putih, urin kita akan berwarna kuning keruh. Atau saat kita kekurangan serat, kita mungkin akan sulit buang air besar. Kalau tubuh sudah mengirimkan tanda-tanda, jangan dicuekin ya.

 

Yang terpenting adalah jangan tergoda kesenangan sesaat dan mengorbankan kenikmatan hidup yang lebih besar lagi. Ingatlah bahwa tujuan utama kita makan benar adalah supaya tubuh selalu berfungsi dengan baik sehingga kita bisa menikmati hidup. Percaya deh, saat tubuh kita terganggu fungsinya, kita pasti tidak bisa menikmati hidup seperti ketika sedang dalam keadaan sehat 100%. 

 

Yuk mulai cari informasi sebanyak mungkin tentang makanan dan apa manfaat serta dampaknya bagi tubuh. Lalu biasakan diri dan keluarga untuk makan benar, sesuai dengan cara yang paling cocok untuk keluarga kita.