Super Indo Super Hemat

Ternyata Bayam Kaya Akan Vitamin C! Cek Manfaat Lainnya Disini

Bayam adalah makanan super. Itu sarat dengan banyak nutrisi dalam paket rendah kalori. Sayuran hijau gelap seperti bayam penting untuk kesehatan kulit, rambut, dan tulang. Mereka juga menyediakan protein, zat besi, vitamin, dan mineral.

Manfaat kesehatan yang mungkin didapat dari mengkonsumsi bayam antara lain meningkatkan kontrol glukosa darah pada penderita diabetes, menurunkan risiko kanker, dan meningkatkan kesehatan tulang, serta memasok mineral dan vitamin yang dapat memberikan berbagai macam kebutuhan. Bayam telah digunakan oleh berbagai budaya sepanjang sejarah, terutama dalam masakan Mediterania, Timur Tengah, dan Asia Tenggara. Ini dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam diet apa pun, karena murah dan mudah disiapkan.

Artikel ini akan bagaimana manfaat bayam bagi tubuh, dan berbagai cara lezat untuk memasukkannya ke dalam makanan.

 

Manajemen diabetes

Bayam mengandung antioksidan yang dikenal sebagai asam alfa-lipoat, yang telah terbukti menurunkan kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mencegah perubahan oksidatif akibat stres pada pasien diabetes.

Studi tentang asam alfa-lipoat juga menunjukkan penurunan neuropati perifer dan neuropati otonom pada penderita diabetes.

Namun, sebagian besar penelitian telah menggunakan asam alfa-lipoat intravena, dan tidak pasti apakah suplementasi oral akan memperoleh manfaat yang sama.


Pencegahan kanker

Bayam dan sayuran hijau lainnya mengandung klorofil. Beberapa penelitian, termasuk penelitian tahun 2013 yang dilakukan pada 12.000 hewan, telah menunjukkan klorofil efektif dalam memblokir efek karsinogenik heterosiklik amina.

Ini dihasilkan saat memanggang makanan pada suhu tinggi. Ini dapat berkontribusi untuk mencegah pertumbuhan kanker.


Pencegahan asma

Sebuah penelitian terhadap 433 anak penderita asma antara usia 6 dan 18 tahun, dan 537 anak tanpa asma, menunjukkan bahwa risiko terkena asma lebih rendah pada orang yang memiliki asupan nutrisi tertentu yang tinggi.

Salah satu nutrisi tersebut adalah beta-karoten. Bayam adalah sumber beta-karoten yang sangat baik.
 

Menurunkan tekanan darah

Karena kandungan kaliumnya yang tinggi, bayam direkomendasikan untuk penderita tekanan darah tinggi.

Kalium dapat membantu mengurangi efek natrium pada tubuh. Asupan kalium yang rendah mungkin sama kuatnya dengan faktor risiko untuk mengembangkan tekanan darah tinggi seperti asupan natrium yang tinggi.


Kesehatan tulang

Asupan vitamin K yang rendah telah dikaitkan dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi.

Konsumsi vitamin K yang cukup penting untuk kesehatan yang baik, karena bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan dapat mengurangi jumlah kalsium yang keluar dari tubuh dalam urin.


Meningkatkan keteraturan pencernaan

Bayam kaya akan serat dan air, keduanya membantu mencegah sembelit dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.


Kulit dan rambut yang sehat

Bayam juga kaya akan vitamin C yang dapat membantu menjaga kulit tampak awet muda dan penyembuhan luka. Asupan vitamin C yang cukup dibutuhkan untuk membangun dan memelihara kolagen yang memberikan struktur pada kulit dan rambut.

Bayam dan sayuran hijau lainnya yang kaya vitamin C sangat penting untuk pembentukan dan pemeliharaan kolagen, yang memberikan struktur pada kulit dan rambut.

Selain vitamin C, bayam juga memiliki vitamin A dalam jumlah besar, yang memoderasi produksi minyak di pori-pori kulit dan folikel rambut untuk melembabkan kulit dan rambut.

Minyak inilah yang bisa menumpuk hingga menyebabkan jerawat. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Kekurangan zat besi adalah penyebab umum kerontokan rambut, yang dapat dicegah dengan asupan makanan kaya zat besi yang cukup, seperti bayam.

 

makan baik hidup lebih sehat
eat well live better