Sarapan Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

20 February 2018

Tak hanya sehat, 7 Menu sarapan Ini juga bisa menurunkan berat badan

Sarapan merupakan kegiatan pagi hari yang sangat penting untuk kelangsungan kegiatan sepanjang hari. Bagi yang sedang menjalankan diet, sarapan adalah hal yang paling menentukan sukses tidaknya diet yang dilakukan. Karena itu, menu sarapan sangat penting untuk diperhatikan.

Orang Indonesia rata-rata terbiasa sarapan makanan berat seperti lontong sayur, bubur ayam ataupun nasi campur. Kebanyakan kita tidak memperhatikan kandungan gizi dari makanan tersebut, apakah sudah seimbang dengan kebutuhan tubuh atau tidak. Bukan pula artinya makanan yang banyak dijual penjaja sarapan tersebut tidak sehat, tetapi kita juga perlu menjaga keseimbangan kesehatan tubuh agar tidak over weight.

Untuk menjaga kesehatan dan bentuk tubuh yang seimbang, tidak ada salahnya kamu mencoba 7 sarapan sehat yang dapat membantu menurunkan berat badan berikut ini.

1. Telur.

Telur mengandung protein yang sangat bagus untuk orang yang sedang menjalankan diet. Dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak, makanan yang seluruh zatnya mengandung protein ini merupakan makanan yang lebih mengenyangkan karena mengandung asam amino. Selain mudah dan banyak variasi pengolahannya, harga telur juga relatif murah.

2. Smoothie bowl.

Belakangan ini banyak berseliweran di instagram gambar-gambar smoothie bowl yang cukup mengundang selera makan. Semangkuk smoothie dengan warna cerah ditambah topping buah-buahan segar dan kacang-kacangan tidak hanya sedap dipandang mata, tetapi juga bermanfaat untuk mengurangi berat badan. Buah yang paling bagus untuk smoothie breakfast adalah raspberry karena buah jenis berri-berrian ini kaya akan serat dan lebih cepat membantu proses pengurangan berat badan.

3. Yogurt.

Lemak didalam yogurt mengandung zat asam linoleat yang dapat membantu menjaga bentuk tubuh agar tetap langsing. Sebagai menu sarapan, tentu yogurt tak dinikmati begitu saja, melainkan dengan tambahan bahan-bahan lain seperti buah-buahan segar dan kacang-kacangan.

4. Oatmeal.

Oatmeal atau bahan makanan yang terbuat dari gandum ini sudah dipercaya sejak lama untuk program diet karena mengandung banyak serat. Menu sarapan oatmeal biasanya berbentuk sereal. Cara mengkonsumsinya pun hampir sama dengan yogurt dan smoothie bowl. Sereal oatmeal disiram dengan susu rendah lemak dan ditambah potongan buah segar sesuai selera.

5. Ubi jalar.

Salah satu jenis umbi-umbian ini mengandung nutrisi yang dapat membantu membakar lemak didalam tubuh. Ubi jalar juga kaya akan serat yang membuat kamu lebih cepat kenyang dan rasa kenyang itu akan bertahan lebih lama. Mengkonsumsi ubi jalar mampu menahan nafsu makan, sehingga sangat baik dimakan dipagi hari untuk menjaga keseimbangan tubuh sepanjang hari.

6. Brokoli.

Memulai hari dengan sayuran, baik itu yang dimasak maupun sayuran mentah merupakan cara terbaik untuk memastikan tubuhmu mendapatkan nutrisi yang baik sepanjang hari. Brokoli adalah salah satu sayuran yang kaya akan serat dan nutrisi yang akan membuat perutmu merasa kenyang pada jam-jam padatmu. Tak melulu direbus, brokoli bisa diolah menjadi smoothie sehingga lebih cepat dan mudah dikonsumsi bagi kamu yang harus buru-buru beraktivitas di pagi hari.

7. Selai kacang.

Meskipun dalam proses pembuatannya selai kacang diberikan tambahan gula dan minyak, namun bahan dasar utamanya hanya terdiri dari dua bahan yaitu kacang dan garam. Kacang mengandung lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan. Untuk kesuksesan diet, kamu tidak boleh mengkonsumsi selai kacang secara berlebihan. Cukup oleskan dua sendok makan selai kacang diatas roti gandum. (sumber: food.idntimes.com)

Follow & Share :

INFO LAINNYA