Tips Jitu Masak Ketupat Lembut dan Empuk

5 May 2021

Tak terasa Hari Raya Idul Fitri sudah ada di depan mata. Segala persiapan pun kini mulai dilakukan, salah satunya adalah menyiapkan makanan untuk hari raya. Selain opor ayam dan sambal ati, makanan khas lainnya yang selalu hadir saat Lebaran adalah ketupat.

Yuk cek tips jitu masak ketupat agar terasa lembut dan empuk:

Pilih beras berkualitas
Sebelum membuat ketupat, pastikan untuk memiliki beras dengan kualitas baik. Bersihkan beras dari kotoran dan gabah hingga bersih, lalu cuci selama beberapa kali hingga air bilasan tidak keruh. Agar teksturnya semakin lembut, rendam beras dengan air kapur sirih selama 15-30 menit hingga beras lunak. Biasanya beras yang digunakan adalah beras perak tentunya dengan kualitas yang baik.

Perhatikan cangkang ketupat
Pemilihan cangkang ketupat yang bagus juga tak kalah pentingnya. Sebaiknya, pilih cangkang ketupat yang bersih, tidak layu dan memiliki serat daun yang tebal. Perhatikan pula kerapatan celah cangkang agar saat dimasak, tekstur ketupat akan menjadi lebih lembut dan padat.

Proses pengisian beras
Idealnya, sekitar 2/3 beras akan diisi ke dalam cangkang ketupat. Tak bisa sembarangan, terlalu banyak beras yang diisi membuat ketupat menjadi kurang matang dan keras. Dan, bila isian beras terlalu sedikit, tekstur ketupat akan menjadi terlalu lembek dan tentunya menjadi kurang nikmat disantap. Untuk memadatkan isinya, kamu bisa menekan-nekan cangkang ketupat dan menepuk-nepuknya sesekali agar celah cangkang semakin rapat.

Proses memasak
Selama proses memasak, pastikan cangkang ketupat terendam seluruhnya agar cepat matang dengan sempurna. Bila ditengah proses memasak airnya menyurut, tambahkan kembali air sedikit demi sedikit hingga ketupat terendam kembali. Untuk mempersingkat waktu memasak, sebaiknya gunakan air panas untuk rebusan ketupat. Umumnya, ketupat akan dimasak sekitar 3-5 jam lamanya. Kendati demikian, jangan lupa untuk sesekali mengecek tingkat kematangan ketupat, ya!

Siram dengan air dingin
Setelah ketupat matang dengan sempurna, siram permukaan kulitnya dengan air dingin. Selain untuk menghentikan proses pemasakan, cara ini juga diklaim ampuh untuk membersihkan lendir-lendir yang menempel pada permukaan ketupat.

Gantung ketupat
Menggantung ketupat bertujuan untuk menghilangkan uap panas. Maka ketika ketupat sudah matang perlu di angin-anginkan atau digantung.