Tips Membersihkan Rumah dengan Mudah dan Cepat Jelang Natal

Menyambut Natal 2022, banyak penghuni rumah yang merayakannya mulai melakukan berbagai persiapan seperti mendekorasi ruangan, memasang pohon Natal, serta menyiapkan kado Natal.  Namun, selain hal-hal disebutkan di atas, ada hal penting lain yang tidak boleh dilewatkan untuk menyambut Natal, yakni membersihkan berbagai area di rumah. Berikut tips membersihkan rumah dengan cepat dan mudah untuk menyambut Natal nanti.

1. Atur waktu saat merapikan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengatur waktu saat mulai melakukan tugas membersihkan rumah.  Para ahli mengatakan jika Anda telah mengetahui sebelumnya berapa lama tugas individu, tampaknya tidak terlalu sulit mengatur waktu untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh atau bersama-sama.

2. Letakkan seprai bersih cadangan

Setelah itu, mulai melakukan pembersihkan pada kamar tidur. Pertama, mengganti seprai lama dan mencuci seprai, lalu masukkan seprai yang telah dicuci ke lemari sebagai cadangan. Hal bertujuan bila ada tamu atau sanak saudara menginap sehingga seprai sudah bersih dan siap digunakan. Seperti diketahui, Natal juga menjadi acara berkumpul bersama keluarga. 

3. Sortir kulkas

Sebelum berbelanja keperluan makanan untuk Natal, Anda perlu menyortir bahan-bahan yang ada di dalam kulkas guna membuat kulkas selalu rapi. Membersihkan kulkas dari sekarang tidak hanya menghemat waktu Anda saat menjelang Natal, tetapi Anda juga akan mendapatkan kulkas yang selalu bersih. 

4. Bersihkan pada sela-sela waktu

Anda tidak perlu meluangkan waktu pembersihan seharian penuh, tapi bisa menyicilnya atau membersihkannya pada sela-sela waktu.  Misalnya, ketika anak-anak tidur, gunakan waktu itu untuk membersihkan meja rias, cermin dan kamar mandi dengan cepat. 

5. Singkirkan barang-barang berantakan

Selain itu, perlu juga menyingkirkan barang-barang yang berantakan seperti perlengkapan mandi atau dapur ke dalam lemari. Hal ini akan memberikan tampilan rapi dan tertata.

6. Letakkan aroma menyegarkan pada beberapa area rumah

Langkah terakhir yang perlu dilakukan dalam membersihkan rumah untuk menyambut Natal adalah menggunakan aroma menyegarkan.  Aroma init tentu tak hanya mengharumkan rumah, tapi juga menandakan rumah yang bersih. Sebagai cara instan, Anda dapat meletakkan tanaman bunga potong atau minyak essensial pada beberapa ruangan di rumah.