Warna Warni Kebaikan Buah

11 August 2021

Disaat pandemi seperti ini, salah satu cara menjaga imun tubuh adalah rutin mengonsumsi aneka buah yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Nah, warna pada buah ternyata memiliki arti tersendiri bagi kekebalan tubuh kita loh….

Seperti apa warna warni buah yang mengandung banyak kebaikan untuk tubuh kita? Yuk disimak...

Merah
Buah berwarna merah seperti semangka, tomat, hingga strawberry mengandung lycopene, anthocyanin, dan juga vitamin C yang selain mengurangi risiko penyakit stroke, menjaga kesehatan jantung, dan juga mencegah penyakit kanker prostat. Selain itu, pastinya buah-buahan ini bisa menjaga daya tahan tubuh.

Kuning & oranye
Warna buah kuning dan oranye  biasanya kita temui pada pisang, mangga, nanas, berbagai macam jeruk hingga pepaya. Buah-buahan ini dianggap sangat sehat. Salah satunya karena menyediakan alpha karoten dan beta karoten yang menurunkan risiko penyakit jantung serta kanker. Selain itu, buah-buahan ini juga bermanfaat untuk mata dan kulit yang sehat, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hijau
Buah yang berwarna hijau merupakan sumber nutrisi yang baik untuk tubuh, apalagi hijaunya adalah hijau gelap, buah tersebut cenderung menjadi paling kaya nutrisi. Contoh buah-buahan berwarna hijau: honey melon, alpukat, kiwi, jambu kristal dan apel Manalagi yang berkulit hijau. Buah-buahan tersebut memiliki serat yang bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mendukung beragam sistem tubuh lain. Selain itu, buah-buahan berwarna hijau juga terkenal memiliki anti oksidan yang bisa menjaga imun tubuh.

Biru & ungu
Buah berwarna biru dan ungu, selain enak dilihat juga mengandung banyak nutrisi. Buah tersebut mengandung polifenol antosianin yang menawarkan manfaat kesehatan yang tak terkira. Senyawa polifenol antosianin ini juga berkontribusi dalam memberikan warna biru-ungu pada buah-buahan. Lebih dari sekadar warna, sejumlah buah biru ini menawarkan beragam manfaat. Buah-buahan berwarna ungu punya rasa unik, buah seperti anggur, plum, blackberi dan blueberi mengandung folat, potasium, dan juga antioksidan yang bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit, hingga sebagai anti inflamasi.