Info Sehat: Pola Makan Sehat untuk Anak

Pola Makan Sehat untuk Anak

Agar anak mau mengikuti pola makan yang sehat, Anda harus kreatif dan ulet dalam mengenalkan kebiasaan makan sehat pada anak. Ada beberapa cara yang bisa membantu Anda untuk membentuk pola makan sehat pada anak, yang penting adalah jumlah makanan yang harus disesuaikan dengan kebutuhan energi dan zat gizi anak menurut usia dan kondisi.

Biasakan juga untuk menyediakan beraneka ragam jenis makanan di atas meja sebagai makanan utama ataupun camilan anak yang sehat. Jenis makanan itu meliputi makanan pokok sebagai sumber energi, lauk pauk sebagai sumber protein dan mineral, sayur dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral, serta susu sebagai sumber kalsium.

Pastikan juga anak memiliki pola dan jadwal makan yang teratur di rumah dengan pembagian tiga makan utama dan dua kali makan sisipan. Karena itu, ketika keluar rumah, siapkan juga kira-kira ada berapa kali Anda akan melewati waktu makan.

Dengan kebiasaan yang dibentuk sejak dini di rumah, anak akan terbiasa dan secara teratur mendapatkan asupan makanan sehat demi ketahanan tubuhnya di masa depan. 

(sumber: www.masakapaya.com)