Tips Mengetahui Daging Giling Yang Disimpan Masih Segar Atau Tidak

Daging cincang merupakan bahan serbaguna yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam makanan. Jika Anda ragu-ragu apakah daging cincang di kulkas masih bagus atau tidak, Anda bisa memeriksanya dengan beberapa cara mudah untuk mengetahui kondisinya.

Berikut tips mengetahui daging giling yang Anda simpan masih segar atau tidak.

Periksa apakah warna daging berubah cokelat atau abu-abu kusam.
Daging yang segar berwarna merah cerah, walaupun mungkin terdapat bintik-bintik cokelat di bagian tengahnya karena diambil dari beberapa bagian sapi. Semakin lama disimpan, daging giling semakin berwarna abu-abu. Buang daging cincang jika warnanya sudah berubah menjadi abu-abu dan tidak lagi merah atau coklat. Daging cincang kemasan akan berubah menjadi cokelat di bagian dalamnya karena oksigen tidak bisa mencapai bagian tengah.

Cium daging cincang untuk mencari tahu apakah terdapat aroma asam.
Daging segar akan sedikit berbau, tetapi daging yang mulai membusuk akan mengeluarkan bau yang busuk atau asam. Baunya berasal dari gas yang dibuat oleh bakteri yang ada di dalam daging. Jangan mengonsumsinya jika Anda mencium bau yang tajam. Banyak bakteri penyebab penyakit yang ada di dalam makanan (misalnya salmonela) yang tidak bisa dibaui, dan dapat berada di dalam daging yang masih segar. Selalu masak daging sapi hingga matang agar bakterinya mati. Jika Anda ragu dengan kondisi daging dan tidak ingin memakannya, buang saja.

Sentuh dagingnya apakah terasa berlendir.
Remas daging dengan jari untuk memeriksa kepadatannya. Daging segar akan mudah pecah di jari tangan dan terpisah menjadi beberapa bagian. Apabila daging terasa lengket atau teksturnya berlendir, kemungkinan besar daging tersebut sudah busuk. Cucilah tangan sebelum dan setelah memegang daging mentah agar Anda tidak menyebarkan bakteri atau membuat daging terkontaminasi.

Periksa kemasan daging cincang untuk melihat tanggal penjualannya.
Daging cincang mentah aman digunakan hanya dalam 1 atau 2 hari sesudah tanggal penjualan yang disarankan. Periksa kalender untuk mengetahui berapa lama Anda telah membelinya. Buang daging tersebut juga sudah melewati waktu yang disarankan.