Masak Kangkung Yuk! Cek dulu manfaat kangkung

6 October 2021

Siapa yang tidak mengenal kangkung? Sebagian besar masyarakat Indonesia mengenal kangkung  sebagai sayuran yang enak, harga terjangkau dan mudah ditemukan. Kangkung, juga dikenal dengan istilah bayam air, adalah tanaman perairan di daerah rawa-rawa. Kangkung merupakan salah satu tanaman yang banyak ditemui di negara-negara Asia, khususnya di Indonesia.

Tak jauh berbeda dengan jenis sayuran lainnya, sayuran yang punya nama latin Ipomoea aquatica ini mengandung sejumlah nutrisi yang baik bagi tubuh. Berikut ini adalah manfaat baik dari kangkung. Yuk disimak…

Mencegah anemia
Kangkung mengandung zat besi yang bisa mencegah anemia. Zat besi sendiri sangat ampuh untuk meningkatkan produksi sel darah merah (hemoglobin). Sel darah merah diperlukan untuk mengangkut oksigen ke seluruh sel dan organ tubuh Anda, misalnya jantung dan otak.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Manfaat kangkung lainnya yang sayang jika dilewatkan yaitu mengurangi risiko penyakit kronis dan membantu mencegah penyakit lain yang disebabkan oleh lemahnya sistem kekebalan tubuh Anda. Pasalnya, kangkung  tinggi akan vitamin C yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus melawan kerusakan sel. Baik itu kerusakan sel karena penyakit kronis seperti penyakit jantung dan stroke atau karena infeksi virus dan bakteri.

Baik untuk kesehatan mata 
Kangkung mengandung vitamin A, karotenoid, dan lutein. Ketiga kandungan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan mata Anda. Vitamin A sendiri mampu melindungi kornea dan lapisan mata dari infeksi bakteri dan virus. Vitamin ini juga bisa meningkatkan produksi cairan guna mencegah mata kering.

Baik untuk perkembangan otak 
Kangkung mengandung vitamin B dan omega 3 yang baik untuk fungsi dan perkembangan otak.  Oleh karena itu, kangkung sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa yang aktif untuk tetap menjaga kesehatan otak.

Melawan kerusakan hati (liver)
Sejak berabad-abad lalu, manfaat kangkung diketahui mujarab untuk melawan kerusakan organ hati. Baru-baru ini penelitian dalam jurnal Molecules juga berhasil membuktikan manfaat tersebut. Bayam air disebut-sebut bisa melindungi organ hati dari kerusakan, luka, dan peradangan. Menurut para ahli, ini karena kangkung bisa memicu produksi enzim yang akan membersihkan (detoksifikasi) hati dari racun dan zat sisa yang dapat menyebabkan kerusakan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk kita masak kangkung…
Lagi ada promo khusus member My Super Indo periode 7-13 Oktober 2021. Kangkung akar dari harga Rp 3.950/ikat, menjadi Rp 1.100/ikat. Selain kangkung akar, ada juga promo bayam hijau dan caisim sawi hijau. Harga promo member cuma Rp 1.100/ikat. Jadi member My Super Indo, bisa beli produk segar berkualitas LEBIH HEMAT!

 

Sumber:

  • https://kesehatan.kontan.co.id/news/6-manfaat-kangkung-untuk-kesehatan-menyehatkan-jantung-sampai-mencegah-diabetes.
  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-kangkung-buat-kesehatan/