Cara Mengolah Ikan Tanpa Membuang Nutrisinya

Pada tanggal 21 November 2022 kita memperingati Hari Ikan Nasional. Hari Ikan Nasional memicu kesadaran masyarakat bahwa ikan merupakan bahan pangan kandungan protein berkualitas tinggi. Peringatan Hari Ikan Nasional juga sebagai momentum mengajak masyarakat untuk bersama mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional.

Ikan merupakan salah satu sumber makanan yang menyehatkan. Rutin mengonsumsi olahan ikan disebut dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan, seperti mengurangi risiko penyakit stroke, jantung, hingga depresi. Asosiasi Jantung Amerika Serikat bahkan sampai menyarankan untuk mengonsumsi dua porsi ikan setiap minggunya untuk mendapatkan khasiat dari makanan laut ini. Dengan catatan, Anda harus mengolah ikan secara tepat agar tidak mengubah kandungan gizi di dalamnya.

Lantas, bagaimana cara mengolah ikan yang tepat agar kandungan gizi yang diperlukan tubuh tetap terjaga?

 

Cara mengolah ikan yang tepat

Penting untuk mengetahui cara mengolah ikan yang tepat agar khasiatnya dapat Anda peroleh secara optimal. Berikut beberapa cara mengolah ikan secara menyehatkan yang dapat Anda praktikkan di rumah secara langsung.

1. Dikukus

Mengukus olahan ikan disebut sebagai cara mengolah ikan yang paling efisien untuk dapat menjaga kandungan asam lemak omega-3 yang dimiliki ikan. Agar kandungan gizi ikan tetap terjaga, kukus olahan ikan dengan menggunakan api kecil selama 15-20 menit. Sebaiknya proses ini jangan terlalu lama, agar tidak terjadi oksidasi kolesterol pada asam lemak omega-3 yang dipanaskan dan justru dapat membahayakan kesehatan.

2. Dipanggang

Cara mengolah ikan lainnya yang direkomendasikan adalah dengan dipanggang. Untuk dapat mempertahankan kandungan gizi di dalam ikan, panggang olahan ikan menggunakan aluminium foil. Panggang secukupnya dan jangan terlalu lama untuk menghindari timbulnya senyawa berbahaya, seperti amina heterosiklik (HAs) dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) yang muncul dari proses pemanggangan makanan.

3. Ditumis

Ikan juga dapat diolah dengan cara ditumis. Olahan ikan yang ditumis menggunakan sedikit minyak dan dicampur bersama sayuran lain bisa menjadi metode pengolahan ikan yang baik bagi kesehatan. Agar kandungan gizinya tetap terjaga, tumis ikan menggunakan api berukuran sedang dan jangan terlalu lama.

4. Disup

Anda juga dapat mengolah ikan dengan cara disup untuk dapat memperoleh kandungan gizi ikan secara optimal. Sajian olahan ikan yang dijadikan sup akan semakin bergizi jika ditambahkan campuran sayuran lain, seperti wortel dan biji-bijian.

5. Direbus

Selain itu, Anda juga dapat memperoleh khasiat ikan secara optimal dengan mengolahnya melalui proses perebusan. Sebagian besar ikan umumnya hanya perlu direbus selama sekitar 10 menit untuk dapat langsung dinikmati.