Kenali Kebiasaan Buruk yang Mengganggu Kesehatan Jantung Anda

Penyakit jantung merupakan salah satu pembunuh nomor satu di dunia. Serangan jantung yang fatal sering kali diakibatkan penyempitan pembuluh darah yang bertugas menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan serangan jantung jika kita memiliki kebiasaan buruk sebagai berikut:

Merokok

Ada banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa merokok dapat memicu penyakit jantung. Perokok berat cenderung dapat terserang penyakit jantung di usia muda. Menurut para ahli dari American Heart Association, perokok memiliki risiko dua sampai empat kali lipat untuk terserang penyakit jantung.Merokok dapat meningkatkan tekanan darah dan membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah. Merokok juga dapat membuat darah semakin kental sehingga peredaran darah yang mengandung oksigen menjadi tidak lancar. Merokok juga dapat membuat dinding-dinding pembuluh darah keropos sampai kehilangan elastisitasnya dan menjadi lebih sempit dan menimbulkan peradangan.

Makanan Berkolesterol

Kolesterol membantu tubuh kita membangun sel-sel baru, melindungi saraf-saraf kita, dan memproduksi hormon. Namun kolesterol tidak hanya diproduksi oleh tubuh, tetapi juga datang dari makanan  yang kita konsumsi. Makanan yang mengandung lemak jenuh meningkatkan kolesterol di dalam tubuh. Kolesterol yang berlebihan menjadi pemicu serangan jantung karena kolesterol aka nmembentuk dinding-dinding di dalam pembuluh arteri, menyebabkan artherosclerosis, atau salah satu serangan jantung. Pembuluh darah yang menyempit menyebabkan darah semakin lambat masuk atau terhalang masuk ke jantung. Jika sedikit darah yang mengandung oksigen masuk ke jantung kita, kita akan mengalami sesak napas. Jika darah tidak bisa masuk sama sekali ke jantung, hal ini yang mengakibatkan serangan jantung tiba-tiba.

Gejala awal pada penyakit jantung

Gejala awal pada serangan jantung biasanya cenderung ringan dan tidak terlihat berbahaya. Ada perasaan tidak nyaman dalam dada selama beberapa menitatau sesak napas. Beberapa wanita mengaku bahwa mereka memiliki gejala yang berbeda ketika mengalami serangan jantung. Gejala tersebut antara lain adalah sesak nafas, muntah, mual, dan nyeri rahang. Sementara gejala umum yang dialami pria dan wanita biasanya adalah rasa tidak nyaman pada bagian salah satu atau kedua lengan dan juga perut.

Meskipun serangan jantung bisa menyerang siapa pun pada usia berapapun, bukan berarti kita terlambat untuk mencegahnya. Ada banyak hal positif yang bisa kita lakukan untuk mengurangi risiko serangan jantung seperti mengurangi stres, meluangkan waktu untuk berolahraga, berhenti merokok dan ubah gaya hidup dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat. Setiap kebiasaan baik yang kita lakukan sedini mungkin, dapat meningkatkan kesehatan kita di masa mendatang.

makan baik hidup lebih sehat
eat well live better