Jenis & Manfaat Jamur bagi Kesehatan

Manfaat Jamur bagi Kesehatan: Dalam kebudayaan Cina dan Jepang, sudah sejak lama jamur dipercaya sebagai bahan makanan yang memiliki khasiat bagi kesehatan. Oleh karena itu, selain memanfaatkannya untuk dikonsumsi, jamur juga dijadikan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit.


Berikut ini adalah beberapa jenis jamur yang memiliki manfaat bagi kesehatan yang tersedia di Super Indo :

  • Jamur Portabella membantu mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh,serta sakit kepala, bahkan pendarahan
  • Jamur Tiram untuk pengobatan HIV, anti-kanker, anti-virus, anti-diabetes, anti-kolesterol, dan mampu meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh.
  • Jamur Shimeji  dapat mengobati asma dan tumor
  • Jamur Shitake untuk  Mengatasi demam , flu, stimulasi sistem kekebalan tubuh dan menghambat pertumbuhan tumor dan kanker
  • Jamur Merang untuk menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi dan juga penyakit stroke serta mengurangi resiko terkena penyakit jantung
  • Jamur champignon untuk Menurunkan Berat Badan, Melawan Radikal Bebas,  Mengurangi Risiko Terkena Kanker Prostat dan Mencegah Kanker Payudara

 

Cara memilih jamur :

Jamur merupakan sayuran yang mudah sekali rusak terutama jika terkena air. Oleh karena itu telitilah saat membeli. Pilih jamur dengan batang dan paying jamur yang utuh dan bersih. Hindari memilih jamur yang lembap atau basah, tetapi pilihlah yang kering. Jangan mencuci jamur, cukup bungkus jamur dengan kertas bersih atau kantong kertas dan simpan dalam lemari es. Pastikan tidak terkena tetesan air. Sekali terkena air jamur akan langsung busuk.

Cara membersihkan jamur :

1. jamur segar.

Menggunakan bantuan sikat kecil yang bersih dan lembut agar kotoran, pasir, dan debu yang menempel hilang semua. Jika jamur segar tersebut terlalu kotor, tidak masalah dicuci dengan air. Cuci di bawah air mengalir dan tidak merendamnya. Setelah bersih, langsung keringkan dengan meletakkannya di atas tisu atau lap bersih.

2.jamur kering

Bagaimana membersihkan jamur kering, anda harus merendamnya ke dalam mangkuk berisi air panas. Setelah jamur kembali ke bentuk semula dan mulai lunak, segera keringkan di atas kertas tisu atau lap bersih sebelum diolah lebih lanjut.Namun, jika akan mencampurnya menjadi makanan berkuah seperti sup, jamur kering ini bisa langsung dimakan.

Cara menyimpan jamur :

  • Jangan mencuci jamur sebelum menyimpannya. Jamur yang belum terkena air dapat bertahan lebih lama dari jamur yang sudah Anda cuci. Sebelum menyimpannya, cukup bersihkan jamur dengan kain lap kering.
  • Ketika menyimpan jamur, pastikan Anda memasukan ke dalam plastik khusus sebelum diletakkan di lemari es. Hal ini dikarenakan plastik khusus memudahkan jamur tetap bernapas sehingga jamur tidak akan kering dan menyusut saat disimpan.
  • Jamur dapat dibekukan dalam keadaan mentah selama mereka tidak pernah dicairkan sebelumnya. Sebaliknya, saat memasak jamur beku, Anda harus langsung memasaknya dalam keadaan beku. Jamur beku sebaiknya dimasak dengan cara direbus, seperti ditambahkan ke dalam sup atau casserole.

 

*Tips lebih lengkap tentang jamur silakan KLIK DI SINI

makan baik hidup lebih sehat
eat well live better
 

 

Resep-resep berbahan dasar jamur:

Untuk melihat resep KLIK Tnama atau gambar resep

Bakso Jamur Kuping

Kaserol Jamur

Tumis Tahu Jamur Shitake

Tumis Dajabro

Misoa Jamur Udang

Sup Asam Pedas Jamur