Cara Aman Membersihkan Buah Dan Sayur Di Masa Pandemi

15 July 2020

Karena buah dan sayur seringkali dikonsumsi dalam keadaan mentah, sekarang kita harus ekstra hati-hati membersihkannya dengan cara berlapis. Kebiasaan mencuci buah dan sayur sekali saja sekarang tidak cukup lagi, karena buah dan sayur yang kita beli sudah melalui perjalanan panjang mulai dari kebun hingga supermarket.

 

Yuk, pelajari cara yang aman untuk membersihkan buah dan sayur yang baru kita beli. Memang agak sedikit repot, tapi harus dibiasakan karena buah dan sayur sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan imunitas.

 

Buah dan sayur yang baru datang sebaiknya dibiarkan dalam kemasan dari penjual. Simpan di tempat terpisah dan ingat jangan disentuh sama sekali ya, karena masih banyak kotoran dan kuman yang menempel.

 

Siapkan air matang untuk merendam buah dan sayur. Biarkan terendam selama beberapa menit, lalu bilas dengan air matang lagi. Selalu gunakan air matang untuk mencuci ya. Tapi jangan gunakan air panas, karena penggunaan air panas bisa merusak kualitasnya. Cukup dengan air bersuhu ruang.

 

Buah dan sayur tidak perlu dicuci dengan sabun, cukup dengan air mengalir saja. Menurut penelitian seorang profesor keamanan pangan di North Carolina State University sebanyak 90 hingga 99% virus yang menempel pada buah dan sayur dapat hilang dengan menggunakan air mengalir saja. Jangan pernah untuk membersihkan buah dan sayur dengan penyemprot disinfektan, tisu pembersih. Kandungan kimia pada produk-produk pembersih tersebut berbahaya bila kita konsumsi.

 

Buah dan sayur bisa disimpan di dalam keranjang dalam suhu ruangan. Ingatkan anggota keluarga untuk mencuci tangan terlebih dahulu dan mencuci lagi buah atau sayur yang akan dikonsumsi mentah. Bisa juga disimpan dalam lemari es.

 

Selagi kondisi masih belum menentu, perbanyaklah makan buah dan sayur yang mengandung vitamin dan mineral untuk meningkatkan imunitas tubuh. Mari sama-sama jaga kebersihan dan kesehatan.