Menu Sehat untuk Pesta Ulang Tahun Anak

Semua anak tentunya menyukai pesta ulang tahun. Dekorasi warna-warni, balon-balon, musik yang meriah, hingga banyak makanan yang menggugah selera akan menjadi hal yang tidak pernah terlewatkan. Makanan pesta untuk anak biasanya menawarkan makanan penuh warna, menarik, dan yang tidak boleh diabaikan, adalah tetap sehat.

Namun sayangnya anak-anak tak bisa terlepas dengan makanan yang mengandung kadar gula tinggi dan juga lemak jenuh. Nah, untuk itulah pilihan menu sehat untuk anak di pesta bisa menjadi rekomendasi bagi Anda dalam menyiapkan menu-menu makanan untuk buah hati dan tamu undangan yang datang.

Nah, saat Anda akan menyiapkan menu sehat untuk anak ketika mengadakan pesta ulang tahun mereka, kunci utamanya adalah mencoba untuk menjadi kreatif, misalnya:

  • Homemade lollies adalah pilihan yang tepat untuk menarik hati anak-anak undangan di pesta buah hati Anda. Dengan menggunakan banyak jenis buah ataupun jus yang berbeda untuk menciptakan kombinasi yang disukai anak-anak. Untuk pewarna, Anda bisa menggunakan jus buah bit, bayam, jeruk atau warna lezat lainnya seperti blueberry.
  • Tentu saja yang namanya anak-anak tidak akan menolak jika dihidangkan camilan yang terbuat dari coklat. Inilah waktunya untuk mengeluarkan chocolate-covered fruits yang menggugah selera mereka! Gunakan coklat hitam rendah lemak serta gula sebagai bahan selimut buah-buah segar yang digunakan. Sementara untuk topping, gunakan gula warna-warni atau kacang.

Daripada menyajikan minuman bersoda yang tentunya tidak menyehatkan untuk anak-anak, Anda dapat menghidangkan minuman buah bersoda buatan sendiri, lho. Alternatif dari soda dengan warna yang menggoda, buatlah jus semangka yang disempurnakan dengan beberapa tambahan rempah, bunga yang dapat dimakan dan air soda tanpa rasa. Jangan lupa tambahkan madu atau sirup maple, ya.

Untuk pilihan menu sehat anak saat menggelar pesta kecil, Anda bisa menghidangkan camilan giruh atau manis, kok. Chips dan keripik buatan sendiri dengan aneka macam saus dan bumbu celup yang terbuat dari bahan menyehatkan bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda dan juga mereka. Gunakanlah bahan seperti hummus, butter bean dan alpukat untuk membuat guacamole unik nan lezat.

Dan yang perlu diingat lainnya, saat menyajikannya di atas meja dibandingkan dengan memberi nama minuman dan makanan sehat tersebut dengan nama yang membosankan, Anda bisa menuliskan Shrek Juice atau Princess Elsa Blueberry Smoothie yang terdengar jauh lebih menarik di telinga anak-anak.

Selamat mencoba!

(Sumber: health.detik.com, http://breaktime.co.id, http://taranatureepa.co.id)

 

 

Sebenarnya, tidak sulit menyiapkan menu pesta anak yang sehat, lezat dan tetap disukai anak-anak. Ikuti saja tips berikut ini :

Sajikan:

  • Biskuit terbuat dari gandum atau havermout.
  • Camilan buatan sendiri. Misalnya carrot cake, brownies, cheese stick, puding susu, kacang campur, dan lain lain.
  • Buah kering, sekotak kecil kismis, misalnya.
  • Lebih oke lagi, bila Anda bisa memberikan buah segar yang disukai anak-anak. Cari inspirasi di internet untuk membentuk atau menyusun buah-buahan tersebut agar menarik.
  • Bila tetap memberikan produk penganan kemasan, pastikan kemasannya utuh dan higienis, mencantumkan kode produksi, tanggal kadaluarsa, dan izin Depkes/BPOM.
  • Air mineral, jus buah segar atau susu kotak sebagai ganti sirup atau minuman kemasan.
  • Ingin lebih praktis? Pesan katering khusus menu anak dengan kriteria sehat seperti menggunakan bahan-bahan organik,tanpa MSG, bebas gluten untuk menghindari risiko alergi.

Hindari:

  • Terlalu banyak sajian manis. Misalnya menyediakan lebih dari 5 butir permen untuk setiap anak ditambah dengan kue ulang tahun penuh gula, cokelat, jelly, soda dan makanan sejenis lainnya.
  • Memberi keripik dalam kemasan, karena umumnya mengandung MSG (beberapa produsen mangganti nama monosodium glutamate menjadi mononatrium glutamate, yang sebenarnya sama saja!).
  • Makanan kemasan yang tidak jelas produsen, kandungan gizi, maupun tanggal produksinya.

Fruity Games

  • Anda juga bisa mengajak para tamu kecil melahap buah-buahan penuh vitamin melalui permainan seru. Lomba makan semangka, menghitung buah berries di dalam mangkok, sampai membuat sate buah. Horrreee semua senang dan sehat! (Sumber : www.parenting.co.id)

 

Pastikan bahan makanan dan minuman yang digunakan untuk membuat menu pesta ulang tahun anak sehat dan fresh.

Yuk belanja bahan-bahan untuk membuat pesta ulang tahun anak di Pasar Swalayan Super Indo! Lebih segar, lebih hemat, dan lebih dekat.