Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan

Jambu kristal atau yang akrab disapa guava crystal merupakan jenis turunan dari jambu biji hasil perkawinan silang. Jambu kristal identik dengan jumlah biji yang sangat sedikit. Total bijinya diketahui hanya 3% dari berat buahnya.  Jambu kristal dengan teksturnya yang renyah menyimpan segudang manfaat baik untuk kesehatan, mulai dari menjaga kesehatan sistem pencernaan hingga mengobati sariawan. Penasaran apa saja kandungan nutrisi dan manfaat dari buah jambu kristal? Yuk dicek manfaat jambu Kristal untuk kesehatan.

Melancarkan Sistem Pencernaan
Jambu kristal dengan kandungan nutrisi di dalamnya dipercaya efektif untuk membantu menjaga dan melancarkan sistem pencernaan. Khasiat tersebut datang dari kandungan serat alami pada buah jambu kristal. Rutin mengonsumsi buah jambu kristal dinilai baik untuk memenuhi kebutuhan serat harian. Dengan mengonsumsi jambu kristal, masalah pencernaan terkait dengan sembelit akan hilang. Jambu kristal yang tinggi serat dapat membantu memadatkan feses yang terlalu encer sehingga mampu mencegah dan mengobati diare.

Menjaga Kesehatan Mata
Jambu kristal diketahui memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga mata agar tetap sehat. Kandungan vitamin A pada jambu kristal mampu menghindari berbagai gangguan mata, seperti silinder, rabun dekat, rabun jauh, dan rabun ayam.

Membantu menurunkan berat badan
Bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, mengonsumsi jambu kristal bisa menjadi camilan sehat sehari-hari Anda. Pasalnya, buah ini memiliki kandungan kalori yang rendah, tetapi tinggi serat. Adapun makanan berserat tinggi cenderung lebih mengenyangkan daripada makanan rendah serat, sehingga Anda cenderung makan lebih sedikit dan tetap kenyang.

Membuat kulit tetap lembab
Sifat antioksidan serta kandungan mineral dan vitamin dalam jambu kristal memberi manfaat yang baik untuk kesehatan kulit Anda. Kandungan nutrisi ini diyakini dapat membantu menjaga kelembaban kulit serta mencegah penuaan. Kandungan vitamin C nya diyakini dapat membantu mengatasi masalah kulit, seperti iritasi dan kemerahan.

Menjaga kesehatan jantung
Tak hanya untuk kulit, khasiat jambu kristal lainnya adalah menjaga kesehatan jantung. Ini karena jambu kristal mengandung kalium serta serat yang tinggi. Adapun kalium dan serat disebut berperan dalam mengontrol tekanan darah. Selain itu, mengonsumsi serat pun dapat mengurangi peradangan pada jantung serta membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Jambu kristal yang kaya akan vitamin C dapat dikonsumsi secara rutin untuk membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kandungan vitamin C pada jambu kristal bekerja efektif untuk melawan radikal bebas. Selain itu, kandungan tersebut penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan di seluruh tubuh. Dengan begitu, tubuh mampu menghadapi serangan infeksi dan siap melawan patogen penyebab penyakit.