segarnya hemat nanas

Manfaat Bagian Tengah Nanas Yang Keras, Untuk Kesehatan

Nanas merupakan salah satu buah tropis yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya daging buahnya, tapi bonggol (bagian tengah Nanas yang keras) juga memiliki manfaat yang tidak kalah penting. Salah satunya adalah bagian ini mengandung enzim bromelain yang membantu melawan penyakit kronis hingga peradangan.

Yuk kita cek apalagi manfaat bagian tengah Nanas yang keras, untuk kesehatan:

Kaya akan vitamin C

Saat pandemi seperti ini penting untuk kita meningkatkan asupan vitamin C. Dilansir Live Strong, bagian inti nanas ini mengandung lebih banyak vitamin C daripada daging buahnya. Menurut data USDA setiap 500 gram bonggol nanas mengandung 90 persen nilai vitamin C harian yang direkomendasikan.

Menurunkan berat badan

Menurut studi yang diterbitkan Journal of Nutritional Science and Vitaminology 2014, mengungkapkan vitamin C seperti yang terkandung dalam bonggol nanas dapat mempercepat penurunan berat badan. Nutrisi ini meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak dan memanfaatkan glukosa, sehingga mengurangi penumpukan lemak.

Obat alami pereda nyeri

Studi dalam Jurnal Biomedis Indonesia 2015, menunjukkan inti nanas yang tinggi kandungan bromelain memiliki sifat anti-inflamasi; sehingga juga dapat membantu meredakan nyeri karena sifatnya yang juga sebagai makanan analgesik.

Menjaga kesehatan pencernaan

Sistem pencernaan kita terdiri dari berbagai organ. Seperti yang diungkap oleh para peneliti bahwa enzim bromelain tersebut turut membantu memecah protein di saluran pencernaan. Sehingga, sistem utama dalam tubuh kita ini dapat bekerja dengan baik.

Itu berarti pula, organ dalam sistem pencernaan seperti usus, lambung, dan pankreas ikut terjaga kesehatannya.

Kaya akan polifenol

Bonggol nanas juga kaya akan antioksidan jenis polifenol; yang juga biasa ditemukan secara alami dalam makanan nabati lainnya. Dalam studi yang diterbitkan di Frontiers in Nutrition 2018 mengatakan, diet kaya polifenol dapat melindungi tubuh dari penyakit akut dan kronis; termasuk diabetes, gangguan neurodegeneratif, kanker, dan obesitas.

Ayo makan sehat dengan buah nanas dan buah-buahan lain nya yang bisa kita olah menjadi makanan yang nikmat (fruit snack).

Dapatkan aneka buah segar berkualitas hanya di Super Indo, supermarket murah segarnya hemat