Kenali Strawberry Buah Yang Kaya Vitamin C

Strawberry adalah buah manis berbentuk hati berwarna merah, yang sangat disukai karena rasanya yang enak dan manfaat nutrisinya. Strawberry sangat kaya akan vitamin C sehingga membuatnya menjadi  kaya antioksidan dan senyawa tumbuhan, yang diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan jantung dan pengendalian gula darah. Buah ini juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan kesehatan mata dan kulit, radang sendi, dan asam urat.

Yuk kenali manfaat lain dari buah strawberry.

Menyehatkan saluran cerna
Strawberry merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan serat prebiotik. Kandungan serat ini diketahui dapat membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus dan menyehatkan saluran cerna.Tak hanya itu, strawberry juga mengandung antosianin, salah satu jenis antioksidan yang mampu mengurangi risiko terjadinya kanker usus besar.

Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
Tak hanya menyehatkan saluran pencernaan, kandungan serat di dalam strawberry juga mampu mengurangi penumpukan lemak dan kolesterol serta mencegah penyempitan pembuluh darah. Hal ini didukung oleh penelitian yang mengungkapkan bahwa mengonsumsi strawberry secara rutin selama 3 minggu mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (HDL) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh (LDL).

Menjaga tekanan darah tetap stabil
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah strawberry bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Ini berkat kandungan kalium, flavonoid, dan polifenol di dalam strawberry yang mampu menurunkan tekanan darah. Dengan demikian, buah ini baik dikonsumsi oleh orang yang menderita hipertensi.

Mengontrol kadar gula darah
Manfaat strawberry selanjutnya adalah mengontrol kadar gula darah. Hal ini karena strawberry memiliki indeks glikemik rendah, sehingga tidak memicu peningkatan kadar gula darah secara drastis. Berkat manfaatnya tersebut, buah strawberry aman dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2.

Mencegah penyakit jantung
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, strawberry mampu menjaga tekanan darah, mengatasi kolesterol tinggi, dan mengontrol kadar gula darah tetap stabil. Kombinasi ini menjadikan strawberry bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

Menangkal efek radikal bebas
Strawberry merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan antioksidan. Kandungan ini memiliki peran penting dalam melindungi sel-sel tubuh dari efek paparan radikal bebas, yang dapat memicu terjadinya berbagai macam penyakit, seperti kanker dan penyakit degeneratif. Kandungan antioksidan dalam strawberry juga bermanfaat untuk meredakan peradangan serta menjaga kesehatan kulit dan tulang.

Menurunkan berat badan
Strawberry dapat menjadi salah satu pilihan makanan bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Hal ini karena strawberry rendah kalori dan mengandung berbagai macam nutrisi yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi Anda saat menjalani diet. Tak hanya itu, strawberry juga tinggi serat yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Dengan demikian, dorongan untuk ngemil atau makan berlebih pun akan berkurang.