Manfaat Konsumsi Bayam Hijau, Bisa bikin tambah kuat Imun Tubuh

30 June 2021

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup populer di Indonesia. Sayur yang memiliki nama lain Amaranthus ini, seringkali diolah menjadi berbagai macam menu makanan, seperti lalapan, pecel hingga aneka tumisan. Selain memiliki cita rasa yang menyegarkan, bayam juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Sayur bayam mengandung vitamin (A, B, C, K) dan mineral-mineral utama seperti niasin, thiamin, fosfor, ribloflavin, natrium, kalium, magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan sodium. Senyawa lain yang terdapat dalam bayam adalah karotenoid. Saking banyaknya kandungannya, bayam memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya bisa bikin kuat imun tubuh.

Meningkatkan sistem kekebalan
Ternyata, bayam adalah penguat sistem kekebalan yang tinggi. Tidak hanya karena dikemas dengan vitamin C, tapi sayuran itu juga merupakan sumber antioksidan dan beta karoten yang sangat baik. Zat itu dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan. Vitamin dan mineral dalam bayam, seperti vitamin E dan magnesium berfungsi mendukung kekebalan serta membantu tetap aman dari virus dan bakteri.

Membantu menurunkan berat badan
Bayam rendah karbohidrat, tapi tinggi serat larut, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan dengan berbagai cara, termasuk kontrol gula darah yang lebih baik. Menurut Healthline, 3,5 ons bayam dapat memberi 2,2 gram serat yang membantu mengendalikan rasa lapar dan mencegah makan berlebihan. Kandungan seratnya yang tinggi juga bermanfaat bagi pencernaan dan mencegah sembelit. Jadi, memasukkan sayuran bergizi itu ke dalam makanan, mungkin jadi cara yang bagus mengekang nafsu makan, meningkatkan pencernaan, mengelola kadar gula darah, dan banyak lagi.

Mengontrol tekanan darah
Bayam kaya akan nitrat yang terbukti mengatur tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung. Penelitian menunjukkan makan bayam dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian yang melibatkan 27 orang menunjukkan bahwa daun hijau dapat menurunkan tingkat tekanan darah secara efektif.

Meningkatkan hidrasi
Tetap terhidrasi penting untuk menjaga organ tubuh berfungsi baik. Kondisi itu membantu mengatur tubuh, menjaga sendi tetap dilumasi, mengirimkan nutrisi ke sel, mengurangi risiko infeksi, serta meningkatkan kualitas tidur dan suasana hati. Makan makanan kaya air, seperti bayam, dapat membantu tetap terhidrasi dengan baik dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Mendukung kesehatan mata
Bayam mengandung beberapa senyawa tumbuhan, di antaranya lutein dan zeaxanthin yang dapat menjaga kesehatan mata. Penelitian menunjukkan bahwa pigmen itu menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak.