Kenali Segudang Manfaat Buah Naga Merah

Buah naga atau yang juga dikenal sebagai pitaya, merupakan buah yang memiliki bentuk yang unik. Di mana tekstur kulitnya disebut-sebut menyerupai sisik naga. Buah naga sendiri memiliki beberapa variasi, ada yang berdaging putih, ada juga yang berdaging merah. Keduanya sama-sama termasuk makanan sehat karena memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.

Buah naga merah dinilai memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi. Hal ini dapat dilihat berdasarkan warna merah pada buah naga, yang secara alami berasal dari senyawa antioksidan bernama antosianin. Mengonsumsi buah naga merah tentu dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Yuk kita kenali manfaat buah naga merah!

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh 
Kandungan vitamin C dan karotenoid pada buah naga dapat menetralkan radikal bebas dan mempertahankan sel darah putih dari bahaya. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua kandungan tersebut tentunya dapat mencegah berbagai macam infeksi, sehingga dapat meningkatkan sekaligus menjaga sistem kekebalan tubuh.

Menjaga Kesehatan Usus
Dilansir dari Healthline, buah naga merah memiliki kandungan prebiotik, sehingga berpotensi untuk meningkatkan keseimbangan bakteri baik pada usus. Nah, prebiotik sendiri adalah jenis serat khusus yang dapat mendorong pertumbuhan bakteri sehat pada usus. Secara khusus, buah naga juga dapat mendorong pertumbuhan dua bakteri sehat pada tubuh, yakni bakteri asam laktat dan bifidobacteria.

Menyehatkan Kulit
Buah naga merah mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Salah satunya adalah kandungan vitamin C yang terbukti memiliki banyak manfaat bagi kulit. Contohnya seperti mencerahkan warna kulit, mengurangi hiperpigmentasi, memperbaiki kulit, sekaligus meningkatkan elastisitas kulit. Menariknya lagi kandungan antioksidan yang tinggi pada buah naga merah juga memiliki sifat anti penuaan. Sebab, antioksidan tersebut menghambat enzim yang memecah komponen kulit seperti kolagen dan asam hialuronat. Senyawa dalam buah naga juga disebut-sebut dapat mengendalikan produksi sebum, sehingga dapat mengatasi jerawat.

Membantu Mengatasi Anemia
Salah satu jenis anemia yang paling umum adalah anemia defisiensi zat besi yang diakibatkan oleh terlalu rendahnya kadar besi pada tubuh. Nah, buah naga merah merupakan salah satu sumber zat besi yang baik karena satu porsinya mengandung 8 persen asupan harian yang direkomendasikan. Buah naga juga diperkaya vitamin C, yang dapat membantu proses penyerapan zat besi pada tubuh. Maka dari itu, mengonsumsi buah tersebut secara rutin diyakini dapat mencegah sekaligus mengatasi anemia, terutama pada ibu hamil.

Mengatasi Kerusakan Rambut
Rambut yang telah diwarnai dengan zat kimia dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan. Nah, manfaat buah naga sangat baik untuk perawatan rambut yang telah diwarnai. Caranya, Anda dapat memanfaatkan buah naga yang telah dijus. Kemudian, oleskan jus buah naga pada kulit kepala Anda sebelum keramas. Hal ini akan membantu melindungi kesehatan folikel rambut. Vitamin dan mineral didalam buah naga dapat memberikan nutrisi pada kulit kepala agar pertumbuhan rambut Anda sehat.

Baik untuk menjaga berat badan
Buah naga memiliki jumlah kolesterol yang rendah. Buah ini adalah buah yang tepat untuk menjaga berat badan Anda. Bisa dijadikan cemilan sehat untuk tetap menjaga berat badan ideal.