ayo makan sehat di isi piringmu

Sudah Cukup Segarkah Variasi Isi Piringmu?

8 July 2020

Pandemi yang sedang terjadi ini ternyata membuat kita menjadi lebih sadar untuk menjaga kesehatan. Salah satunya adalah dengan memastikan isi piring kita sudah sesuai dengan anjuran nutrisi dari pemerintah melalui gerakan Isi Piringku.

 

Caranya cukup mudah dan bisa dipraktekkan setiap hari lho. Yuk ikuti petunjuknya.

 

Makanan Pokok

Untuk gizi seimbang isilah piring dengan 150 gr nasi (setara 3 centong nasi) atau 3 buah kentang/ubi/singkong ukuran sedang.

 

Lauk Pauk

Isilah piring dengan sekitar 75 gr lauk hewani (setara 2 potong dada ayam tanpa kulit ukuran segar). Protein nabati bisa didapatkan dari 2 potong tahu atau tempe (100 gr)

 

Sayur Mayur

Isilah piring dengan 150 gr sayur segar (ukuran satu mangkuk sedang)

 

Buah-buahan

Lengkapi nutrisi dengan sekitar 2 potong pepaya ukuran sedang (150 gr) atau 2 buah jeruk (110 gr)

 

Agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal, sebaiknya sesuaikan porsi dan jenis makanan yang ada dengan usia dan aktivitas yang rutin dilakukan. Sumber protein untuk anak yang masih dalam pertumbuhan sebaiknya lebih banyak, dan orang dewasa sebaiknya mengurangi porsi karbohidrat jadi ayo kita makan sehat (eat well live better)!

Tidak susah kan untuk mengisi piring dengan pola makan benar berbahan segar?