ayo makan sehat dengan yogurt

Manfaat dan Cara Memilih Yogurt

21 October 2020

Apakah Anda selalu bingung tentang Yogurt cair dan yogurt kental? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian di sini, banyak yang bertanya-tanya apa perbedaan keduanya. Mana yang lebih bergizi dan apa yang harus kita pilih dari varietas yang tak terhitung banyaknya yang tersedia di pasar? Ini adalah beberapa pertanyaan umum yang sering terlintas di benak kita setiap kali mendengar tentang produk susu yang banyak dikonsumsi ini.

Yogurt merupakan salah satu alternatif makanan bagi banyak orang yang sedang menjalankan gaya hidup sehat. Yogurt merupakan produk olahan susu yang difermentasi, sehingga menjadikan yogurt lebih rendah kandungan lemak dan lebih ramah dikonsumsi untuk penderita intoleransi laktosa serta yang alergi susu. Di Indonesia, yogurt sudah menjadi produk olahan susu yang populer. Bakteri baik (probiotik) yaitu lactobacillus dalam yogurt dapat mengatasi masalah diare, konstipasi hingga masalah kanker usus.

Ayo makan sehat dengan bahan yogurt yang bisa di kombinasikan dengan berbagai macam buah dan sayuran, membuat makanan sehat hidup lebih baik (eat well live better).

Mari mengenal jenis-jenis yogurt dan manfaatnya bagi tubuh…

Greek Yogurt

Greek yogurt memiliki tekstur yang lebih kental daripada yogurt biasa. Pada saat proses pembuatannya greek yogurt bisa mengalami penyaringan tiga kali bila yogurt biasa hanya mengalami dua kali penyaringan. Sisanya beruapa whey (cairan) yang kemudian dibuang dan menyisakan bagian kental yang dinamakan greek yogurt. Yoghurt jenis ini memiliki kandungan protein tinggi dan rendah karbohidrat.

 

Creamy Yogurt

Yogurt pada dasarnya bertekstur kental karena proses fermentasi. Yogurt kental dapat dijadikan camilan alternatif untuk kamu yang sedang mengubah pola makan. Teksturnya yang kental bisa membuat kenyang lebih lama bila dibandingkan dengan yogurt cair. Creamy yogurt atau yogurt kental ini akan makin terasa nikmat jika disantap dingin dengan aneka potongan buah segar atau dijadikan campuran smoothies.

 

Yogurt Drink

Jika kamu seorang yang alergi susu atau mengalami intoleransi laktosa, yogurt dapat menjadi pilihanmu untuk tetap bisa menikmati kebaikan susu. Karena proses fermentasi membuat laktosa pada susu berubah menjadi glukosa dan kandungan gula alami di dalamnya menjadi lebih sederhana. Namun, seluruh kebaikan susu tetap ada pada yogurt seperti tingginya protein dan kalsium.

 

Frozen Yogurt

Frozen yogurt atau lebih dikenal dengan nama Froyo, sudah banyak kamu temui saat jalan-jalan di mall. Froyo banyak dijual dengan aneka jenis toping yang menarik. Dibandingkan dengan es krim, froyo mengandung gizi yang lebih baik. Kandungan probiotiknya tinggi, bagus untuk melancarkan pencernaanmu.

 

Plain Yogurt

Jika kamu ingin membuat kue dengan bahan yoghurt, plain yogurt menjadi pilihan terbaik. Yoghurt plain ini sering dikonsumsi karena tidak memiliki rasa dan tambahan gula sama sekali. Karena itu, kamu akan menerima manfaat untuk meningkatkan kalori pada tubuh.