makan baik hidup lebih sehat dengan bawang

Sering Konsumsi Bawang Bombay? Dapatkan Manfaatnya

4 March 2021

Apakah Anda seorang penggemar makan masakan dengan menggunakan bawang bombay? Cek manfaatnya mengonsumsi bawang bombay dibawah ini:

Menjaga daya tahan tubuh

Bawang bombay memiliki beberapa mineral mikro yang unggul, seperti selenium dan fluor. Selenium diperlukan tubuh dalam jumlah kecil, tapi nutrisi ini memiliki peran yang cukup penting. Selenium adalah antibiotik dan antioksidan yang baik. Dengan fungsinya ini, keberadaan selenium sangat berarti untuk menjaga daya tahan tubuh atau imunitas.

 

Menangkal radikal bebas

Bawang bombay mengandung banyak antioksidan dan senyawa antiradang. Ini penting untuk mau, karena antioksidan dapat menangkal radikal bebas berlebih yang bisa memicu kerusakan pada sel-sel sehat dan menyebabkan beragam penyakit. Antioksidan ini banyak ditemukan di lapisan terluar bawang bombay.

 

Menyehatkan sistem pencernaan

Selain bisa menangkal radikal bebas, bawang bombay juga bisa menyehatkan sistem pencernaanmu. Hal ini karena bawang bombay merupakan sumber serat dan prebiotik yang baik untuk kelancaran buang air besar dan kesehatan usus secara menyeluruh. Bawang ini juga memiliki sifat antibakteri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya seperti B. cereus dan S. aureus. Dengan mengonsumsi bawang bombay, risiko kamu mengalami gangguan pencernaan, seperti sembelit dan diare, akan menurun.

 

Memperkuat struktur gigi

Sama halnya dengan selenium, fluor merupakan mineral yang diperlukan tubuh dalam jumlah kecil. Di dalam tubuh, fluor berguna untuk menjaga keseimbangan reaksi enzimatis. Fluor juga berguna untuk menjaga kerapatan sel penyusun gigi. Dalam hal ini, fluor akan memperkuat struktur gigi.

 

Menjaga kadar gula darah

Mengonsumsi bawang bombay juga bisa membantu mengontrol kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes atau prediabetes. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 yang rutin mengonsumsi bawang bombay mentah, sekitar 100 gram per hari, terbukti mengalami perbaikan kadar gula darah.

 

Sering konsumsi bawang bombay karena makan baik hidup lebih sehat (eat well live better)