makan baik hidup lebih sehat dengan jeruk

Pentingnya Konsumsi Jeruk Secara Teratur Bagi Anak

18 November 2020

Jeruk merupakan salah satu buah terbaik yang dapat memberikan nutrisi penting bagi anak. Jadi, penting untuk memasukkannya ke dalam makanan mereka. Mari kita lihat manfaat kesehatan jeruk untuk anak-anak.

Jeruk adalah salah satu buah yang paling dicintai di dunia. Jeruk manis disukai oleh banyak orang tetapi hanya sedikit yang mengetahui manfaat kesehatannya yang luar biasa terutama untuk anak-anak. Berikut adalah daftar semua hal baik yang dapat dilakukan jeruk untuk anak Anda dan alasan mengapa Anda harus memasukkannya ke dalam makanan mereka.

 

Kaya Nutrisi

Jeruk adalah sumber berbagai jenis nutrisi, mineral, dan vitamin. Telah dibuktikan secara ilmiah bahwa kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk sangat dibutuhkan untuk perkembangan sistem kekebalan tubuh bayi. Jeruk secara khusus direkomendasikan untuk tahun pertama perkembangan bayi. Bayi yang lahir dengan masalah perkembangan juga merespons dengan baik jus jeruk.

 

Menyembuhkan dan Mencegah Dispepsia

Dispepsia gangguan pencernaan adalah salah satu masalah paling umum yang dihadapi anak kecil. Sistem pencernaan anak kecil dan bayi kurang berkembang sehingga tidak mampu mengolah berbagai jenis makanan. Nilai gizi yang ada dalam jeruk sangat bagus untuk merangsang sistem pencernaan. Studi telah menunjukkan bahwa anak-anak yang diberi makan jeruk sejak usia dini memiliki sistem pencernaan yang lebih kuat dan mengandung kelompok makanan proses lebih baik.

 

Mencegah Sembelit

Anak-anak umumnya tidak diberi banyak serat makanan dan inilah mengapa mereka sering terlihat menderita sembelit. Bayi yang diberi makan buah berserat tinggi seperti jeruk dapat mengatasi masalah sembelitnya dengan lebih baik. Serat dalam jeruk lembut dan dapat mendorong saluran pencernaan tanpa terlalu menekannya. Konsumsi jeruk terbukti sangat berguna dalam mengurangi terjadinya sembelit pada anak-anak di bawah usia 5 tahun.

 

Mencegah Rakhitis

Rakhitis adalah suatu kondisi medis yang berkembang di masa kanak-kanak dan gejala utamanya melibatkan tulang yang lemah dan cacat. Tulang-tulangnya menjadi lunak dan mengembangkan bentuk yang aneh. Kelainan bentuk ini timbul karena rendahnya jumlah kalsium dan fosfor dalam tubuh. Jeruk sebagai sumber kalsium dan fosfor yang baik dikenal sebagai salah satu obat pencegahan alami terbaik untuk perkembangan rakhitis. Memberi makan bayi dengan sendok jus jeruk dapat mengurangi terjadinya rakhitis hingga 40%.

 

Mencegah Pilek

Anak-anak dan anak kecil memiliki kebiasaan jatuh sakit karena flu biasa. Ekstrak jeruk yang diawetkan dengan taburan madu dan garam sangat efektif untuk menyembuhkan flu dan flu biasa. Bayi dan anak-anak yang sering menderita pilek dan batuk diberi resep suplemen vitamin C secara medis. Kebetulan Jeruk adalah salah satu sumber alami Vitamin C.

 

Mengobati Gondongan

Gondongan adalah salah satu jenis penyakit virus yang menyebar secara menular. Penyakit kelenjar getah bening dan tenggorokan ini sangat umum terjadi pada anak-anak. Anak-anak berusia antara 5 dan 15 tahun sangat rentan terhadap penyakit ini. Salah satu pengobatan yang diresepkan secara medis untuk penyakit gondongan dan parotis (sejenis penyakit) adalah jus jeruk. Jus jeruk yang dilunakkan dengan jahe dan diencerkan dengan air diberikan sebagai obat untuk penyakit gondongan dan parotid.

 

Sumber Karbohidrat

Seperti kebanyakan buah jeruk lainnya, jeruk memiliki gula rantai sederhana di dalamnya tetapi indeks glikemik Jeruk cukup rendah yaitu 40. Ini pada dasarnya berarti bahwa kecuali banyak jeruk tidak dikonsumsi dalam sekali suntikan, kadar gula darah tidak akan meningkat namun tubuh akan merasa diremajakan dan energik. Bahkan anak-anak yang kelebihan berat badan bisa diberi makan jeruk tanpa takut berat badan bertambah.
 

Makan baik hidup lebih sehat dengan buah jeruk yang banyak mengandung vitamin (eat well live better).