Jangan Ragu Gizi Sayuran Beku

Jangan Ragu Gizi Sayuran Beku

Pastinya anda semua telah mengetahui manfaat dari sayur ataupun buah untuk kesehatan. Di dalam sayur dan buah terdapat banyak vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Semuanya berguna untuk memperlancar metabolisme, membentuk tulang, dan menurunkan berbagai risiko penyakit seperti kanker, jantung, mencegah penuaan dini dan lain sebagainya.

Karena sayur termasuk dalam kelompok makanan yang mudah layu dan membusuk, kini Anda bisa membeli sayur atau buah beku yang tersedia di supermarket, seperti edamame, jagung, kacang polong, brokoli, wortel, mixed vegetable, dan lain sebagainya. Karena dibekukan, sayuran dan buah menjadi lebih tahan lama. Selain itu, keberadaannya juga tidak lagi tergantung pada musim karena kini sudah ada teknologi pembekuan, Anda bisa membeli sayur atau buah kapan saja Anda suka.

Produk sayur beku sesungguhnya tidak kalah nutrisinya bila dibandingkan dengan yang segar. Karena dalam proses pembuatannya setelah buah atau sayur dipanen, produsen langsung merendamnya sebentar di dalam air panas yang dimaksudkan agar produksi enzim yang menyebabkan tanaman membusuk segera berhenti. Setelah itu, produk langsung dibekukan dengan cepat (flash freezing), supaya kadar nutrisinya tidak banyak berkurang.

Bahkan, penelitian dari Institute of Food Research menyebutkan bahwa sayuran beku bisa mengandung lebih banyak gizi dibandingkan sayuran segar. Disebutkan, sebanyak 45 persen nutrisi dalam sayuran segar hilang ketika dikonsumsi, karena produk sayuran segar memakan waktu hingga dua minggu untuk sampai ke tangan konsumen dan dikonsumsi.