Beragam Manfaat Lemon

31 March 2021

Lemon kaya akan vitamin C, serat, dan berbagai senyawa tanaman yang bermanfaat untuk tubuh. Nutrisi ini bertanggung jawab atas beberapa manfaat kesehatan. Faktanya, lemon dapat mendukung kesehatan jantung, pengendalian berat badan, dan kesehatan pencernaan.

Berikut ini adalah 6 manfaat kesehatan lemon:

Mendukung Kesehatan Jantung
Lemon adalah sumber vitamin C.Penelitian menunjukkan bahwa makan buah dan sayuran yang kaya vitamin C mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Studi lain mengungkapkan bahwa makan 24 gram ekstrak serat jeruk setiap hari selama sebulan dapat mengurangi kadar kolesterol total dalam darah.

Membantu Mengontrol Berat Badan
Lemon sering dipromosikan sebagai makanan penurun berat badan, dan ada beberapa teori mengapa demikian.Satu teori yang paling umum adalah bahwa serat pektin larut di dalamnya mengembang di perut Anda, membantu Anda merasa kenyang lebih lama.Konon, tidak banyak orang yang makan lemon utuh. Dan karena jus lemon tidak mengandung pektin, minuman jus lemon tidak akan meningkatkan rasa kenyang dengan cara yang sama.Teori lain menunjukkan bahwa minum air panas dengan lemon akan membantu menurunkan berat badan.

Mencegah Batu Ginjal
Batu ginjal adalah gumpalan kecil yang terbentuk saat produk limbah mengkristal dan menumpuk di ginjal Anda. Mereka cukup umum, dan orang yang mendapatkan batu di ginjalnya sering mendapatkannya berulang kali. Asam sitrat yang terdapat di dalam lemon dapat membantu mencegah batu ginjal dengan meningkatkan volume urin dan meningkatkan pH urin, menciptakan lingkungan yang kurang mendukung untuk pembentukan batu ginjal

Mencegah Anemia
Anemia defisiensi besi cukup umum terjadi. Ini terjadi ketika Anda tidak mendapatkan cukup zat besi dari makanan yang Anda makan. Lemon mengandung beberapa zat besi, tetapi terutama mencegah anemia dengan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati. Usus Anda menyerap zat besi dari daging, ayam, dan ikan (dikenal sebagai zat besi heme) dengan sangat mudah, sedangkan zat besi dari sumber nabati (zat besi non-heme) lebih sulit. Namun penyerapan ini dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi vitamin C dan asam sitrat. Karena lemon mengandung vitamin C dan asam sitrat, lemon dapat melindungi dari anemia dengan memastikan bahwa Anda menyerap zat besi sebanyak mungkin dari makanan Anda.

Mengurangi Resiko Kanker
Diet sehat yang kaya buah dan sayuran dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker. Beberapa penelitian observasional menemukan bahwa orang yang makan buah jeruk paling banyak memiliki risiko lebih rendah terkena kanker. Dalam penelitian tabung reaksi, banyak senyawa dari lemon telah membunuh sel kanker. Namun, efeknya mungkin tidak sama pada tubuh manusia.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Lemon terdiri dari sekitar 10% karbohidrat, sebagian besar dalam bentuk serat larut dan gula sederhana.Serat utama dalam lemon adalah pektin, sejenis serat larut yang dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan.Serat larut dapat meningkatkan kesehatan usus dan memperlambat pencernaan gula dan pati. Efek ini dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah.Namun, untuk mendapatkan manfaat serat dari lemon, Anda perlu mengonsumsi daging buahnya.Orang yang minum jus lemon, tanpa serat yang terdapat di daging buahnya, akan kehilangan manfaat seratnya.