Info Sehat: Sehat dengan Air Bersih

Sehat dengan Air Bersih

Tubuh kita 70% mengandung air, oleh karena itu  peran cairan dalam tubuh kita sangatlah penting, diantaranya memperlancar peredaran darah serta membawa nutrisi ke sel-sel tubuh kita. Terkadang kita berpikir bahwa dengan minum berbagai macam cairan , misalnya kopi , teh, soda, susu dan lain-lain dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh kita. Air bersih yang diperlukan tubuh kita yang tidak dapat tergantikan oleh berbagai cairan tersebut. Dengan mengkonsumsi air bersih secara teratur kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Oleh karena itu jadikan kebiasaan meminum air bersih menjadi bagian dari gaya hidup sehat. (Sumber: berbinarbinar.com )

 

 

water drop icon.png Dunia tengah mengalami krisis air. Saat ini satu dari enam orang di dunia tak bisa mendapatkan air bersih. Setiap tahunnya dua juta orang meninggal karena penyakit yang disebabkan kekurangan air bersih.

 

water drop icon.png Banyak wilayah di dunia yang mengalami kekurangan air. Ini terjadi karena kekeringan atau penggunaan air yang berlebihan. Air di seluruh dunia kini mengalami penurunan debit air. Bahkan Sungai Columbia, mengering sebelum mencapai muara.

 

water drop icon.png Rata-rata penggunaan air di rumah tangga AS mencapai 69 gallon (261 liter) setiap harinya.

 

water drop icon.png Dikutip dari Washington Post, "Air yang digunakan untuk menyiram toilet di negara Barat lebih banyak dibanding air yang dipakai orang di Afrika untuk kegiatan sehari-hari."

 

water drop icon.png Menurut majalah Harper, setengah dari air segar yang dipompa dari sumbernya di AS digunakan untuk mendinginkan pembangkit listrik.

 

water drop icon.png Di Bolivia, hampir satu dari 10 anak meninggal sebelum berumur lima tahun. Kebanyakan dari mereka meninggal karena penyakit akibat tak meminum air bersih.

 

water drop icon.png Setiap harinya diperkirakan tujuh miliar gallon (26,49 miliar liter) air minum bersih tersia-sia karena kebocoran di AS.

 

water drop icon.png Hingga 40 persen air dalam kemasan merupakan air keran biasa yang dikemas sedemikian rupa.

 

water drop icon.png Pada 2003, pemerintah daerah Johannesburg, Afrika Selatan memasang pipa prabayar yang membuat kaum papa disana tak dapat mengakses air bersih. Di tahun 2008, Pengadilan Tinggi menyatakan hal ini inkonstitusional. Sayangnya hingga kini keputusan tersebut belum terealisasi karena adanya pengajuan banding dan kaum papa masih harus kesulitan memperoleh air bersih.

 

water drop icon.png Saat ini industri air minum membuat teknologi sehingga air laut dapat digunakan sebagai air minum untuk mengatasi krisis air. Sayangnya hal tersebut bukanlah solusi yang tepat. Desalinisasi berharga tinggi, dapat membunuh organisma laut serta berbagai hal buruk lain sehingga tak menjadi pemecahan yang tepat untuk krisis air. (sumber : www.facebook.com/notes/mom-mothers-on-mobile)

 

Manfaat Air memang sangat banyak untuk manusia, tanpa air manusia tidak akan bisa hidup dengan kenyataan bahwa sebagian besar tubuh manusia terdiri dari Air.  Air Bekerja Dengan Ajaib dan dengan begitu banyak manfaat. Jika anda minum banyak air bersih tanpa kuman dan jernih, maka hal tersebut akan memacu peningkatan pada kesehatan manusia dan anda sendiri. Para peneliti menemukan bahwa minum air putih minimal harus 2 liter per hari untuk menjaga kesehatan tubuh.

 

Berikut adalah berbagai manfaat berharga air bagi manusia :

 

water drop icon.png Air dapat mengatasi sembelit. Air putih dapat mencegah dan mengobati sembelit, jika ada gejala sembelit ini maka sebaiknya anda meminum banyak air putih.

 

water drop icon.png Air dapat meningkatkan sirkulasi darah. Minum air putih akan dapat melancarkan aliran darah dan meningkatkan metabolisme tubuh.

 

water drop icon.png Air dapat mengobati panas dalam. Air putih akan mengobati panas dalam jika diminum dalam jumlah yang banyak.

 

water drop icon.png Minum air dapat mencegah stroke dan serangan jantung. Minum air sebelum tidur dan secara rutin maka akan dapat mencegah terjadinya stroke dan serangan jantung secara mendadak.

 

water drop icon.png Minum air dapat mengobati batuk, sariawan, dan gejala panas dalam lainnya. (Sumber:artikellingkunganhidup.com)

 

Cara mengenali air bersih yang layak untuk dikonsumsi :

 

water drop icon.png  Airnya Jernih

air yang tidak jernih biasanya memiliki kandungan butir tanah liat halus, semakin keruh berarti semakin banyak butiran tanah dan kotoran yang terkandung dalam air.

water drop icon.png  Tidak Berbau

Air yang memiliki bau yang langsung tercium hidung, sebaiknya tidak diminum. air yang berbau timbul dari adanya bakteri yang ada dalam minuman.

water drop icon.png  Rasanya Segar dan tawar

Air yang layak minum seharusnya saat diminum terasa segar. Jika saat minum air rasanya getir di lidah, bisa jadi mengandung zat-zat yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

water drop icon.png  Tidak Membuat Gatal atau Iritasi

Ciri lain air yang layak untuk dikonsumsi adalah air tersebut tidak menimbulkan iritas terhadap kulit. Bila air membuat kulit terasa gatal, maka bisa dipastikan air tersebut tidak bersih. (Sumber:bolejuga.com)