Selain Meningkatkan Imun Ternyata Buncis Bisa Membantu Mengatasi Depresi. Cek Manfaat Lainnya Di sini!

Dunia Barat mengenal buncis dengan sebutan green beans atau snap beans. Di Amerika Serikat saja, buncis juga dijadikan “pendamping” saat menyantap steak untuk menambah nutrisinya. Berikut ini beberapa manfaat buncis yang bisa Anda rasakan, salah satunya bisa membantu mengatasi depresi.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Vitamin C pada buncis berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas, meningkatkan kekebalan tubuh, dan penting dalam pembentukan kolagen.

Melindungi dari tubuh dari radika bebas
Buncis tinggi akan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai macam masalah akibat radikal bebas. Karenanya, konsumsi secangkir buncis setiap hari untuk meminimalisir dampak buruk dan penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas tersebut.

Membantu menurunkan berat badan
Satu cangkir buncis mentah hanya mengandung 31 kalori. Tidak ada lemak pada sayuran berwarna hijau ini. Terlebih lagi, buncis hanya memiliki sekitar 3,6 gram gula. Bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, buncis bisa jadi pilihan makanan sehari-hari.

Baik untuk kesehatan jantung
Buncis sama sekali tidak mengandung kolesterol. Itu artinya, buncis adalah makanan yang baik untuk jantung. Malahan, buncis bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, sehingga risiko penyakit jantung pun turun.Jika dimakan mentah-mentah, buncis mengandung 2,7 gram serat. Namun apabila sudah dimasak, seratnya malah akan meningkat jadi 4 gram. Serat yang dikandung buncis bisa menyelamatkan Anda dari penyakit jantung, apalagi kalau sering mengonsumsinya.

Mencegah kanker
Mungkin Anda bertanya, mengapa buncis sering jadi “pendamping” makan steak? Ketahuilah, daging yang dipanggang dalam temperatur tinggi, berpotensi menimbulkan efek karsinogenik dari amina heterosiklik yang bisa menyebabkan kanker. Buncis mengandung tinggi klorofil, yang jika dikonsumsi bersama dengan daging panggang, bisa menurunkan risiko kanker dengan menghadang efek karsinogenik tersebut.

Meningkatkan kesuburan
Menurut Harvard Medical School, makanan kaya zat besi bisa meningkatkan kesuburan pada wanita yang ingin hamil. Buncis pun mengandung zat besi yang cukup tinggi, yakni 1,03 miligram (mg). Jika Anda ingin mengonsumsinya dengan niat meningkatkan kesuburan, tambahkan makanan bervitamin C, supaya kemampuan tubuh menyerap zat besi semakin meningkat. Apalagi, buncis mengandung folat, yang bisa mencegah janin terkena cacat tabung saraf.

Mencegah depresi
Aneh tapi nyata, mungkin itulah kata-kata yang mampu menggambarkan manfaat buncis yang satu ini. Manfaat buncis untuk mencegah depresi datang dari kandungan folatnya. Kadar folat yang cukup, bisa mencegah kelebihan homosistein. Homosistein adalah asam amino alami yang jika kadarnya berlebihan dapat menyebabkan risiko penyumbatan pembuluh darah salah satunya darah yang menuju otak, sehingga mengganggu produksi hormon serotonin dan dopamin yang mengatur suasana hati.

Mengandung protein
Satu cangkir buncis mentah mengandung 2 gram protein. Itu tandanya, buncis adalah makanan berprotein tinggi yang bisa meningkatkan sistem imun manusia. Selain itu, protein yang dikandung buncis juga bisa menjaga kesehatan tulang, rambut, sampai otot.