Tips membuat selai nanas nastar tahan lama

13 April 2022

Untuk membuat Nastar, selai nanas menjadi bahan pengisi yang penting. Agar nastar semakin lezat, simak cara membuat selai nanas tahan lama.

Rasa dan ketahanan selai nanas tergantung pada kualitas nanas yang digunakan.
Untuk membuat selai nanas tahan lama, pastikan Anda memilih nanas yang matang, manis, dan tidak tampak ciri-ciri sudah akan membusuk.

Pilih dan siapkan alat yang akan digunakan membuat selai
Tidak hanya bahan utamanya saja yang harus diperhatikan, alat persiapan, pengolahan, dan wadah penyimpanan juga harus diperhatikan. Pastikan alat dan wadah yang digunakan sudah benar-benar bersih dan kering. Perhatikan, jangan menggunakan alat persiapan dan pengolahan yang berbahan aluminium. Karena, peralatan aluminium yang digunakan akan membuat selai menjadi pahit, dan berwarna kebiruan. Alat persiapan, pengolahan, dan penyimpanan yang tepat sebaiknya berbahan kaca dan kayu. Tapi, perhatikan juga khusus untuk peralatan berbahan kayu, harus benar-benar bersih dan tidak berjamur. Jika Anda belum yakin dengan kebersihan dan sterilnya peralatan yang dicuci menggunakan sabun di bawah air mengalir, cukup cuci peralatan Anda dengan air panas. Lalu, keringkan dengan kain lap bersih, atau bisa juga dijemur hingga benar-benar kering.

Gula memang menjadi bahan pengawet alami dalam pembuatan selai nanas.
Namun, jika dirasa penggunaan gula dalam campuran selai membuatnya tidak terlalu tahan lama, cukup taburi lagi gula pasir di bagian atas selai nanas yang sudah dimasukkan ke dalam wadah, dengan ketebalan ½ cm

Perhatikan area penyimpanan selai nanas.
Pastikan area penyimpanan selai nanas bersih dan tidak dekat dengan barang lain yang dapat mengubah rasa serta aroma selai nanas. Seperti, sabun atau kapur barus.

Agar selai nanas lebih tahan lama, simpan selai di dalam lemari pendingin.
Karena, selai nanas yang disimpan di suhu ruang hanya akan bertahan selama lima hari, sedangkan jika di dalam lemari pendingin akan tahan hingga satu bulan, bahkan lebih. Makin kering selai nanas, makin sedikit kadungan airnya, makan akan semakin tahan lama selai nanas yang Anda buat.