ayo makan nutrisi sehat

Beda Warna Beda Nutrisi

26 August 2020

Beda warna beda juga kandungan nutrisinya. Seperti itulah sayur dan buah-buahan yang biasa kita konsumsi.  Setiap warna menunjukan kandungan yang berbeda. Mengetahui apa saja kandungan yang ada pada setiap buah atau sayur itu sangatlah penting, karena dengan demikian kita bisa menyusun menu makanan dengan kandungan nutrisi atau vitamin secara seimbang. Cari tau yuk apa saja warna-warna dari buah dan sayur yang bermanfaat untuk tubuh. Ayo kita makan sehat!

 

Merah

Fitonutrisi carotenoids dan lycopene untuk kesehatan jantung, menjaga fungsi otak dan mengurangi resiko kanker. Ada pada buah cherry, tomat dan kacang merah.

 

Hijau

Fitonutrisi lutein dan zeaxanthin untuk mempertahankan fungsi penglihatan, menjaga kepadatan sel darah merah, tulang dan gigi. Ada pada alpukat, brokoli, timun, kacang hijau, kale, kiwi, bayam.

 

Putih, sawo matang dan coklat

Fitonutrisi sulfur untuk kesehatan jantung dan menurunkan resiko kanker. Ada pada pisang, kedelai hitam, kurma, bawang putih, jamur dan kacang tanah.

 

Jingga dan kuning

Fitonutrisi carotenoids dan lutein untuk sistem imunitas tubuh serta memperkuat penglihatan dan jantung. Ada pada wortel, jeruk, paprika kuning, blewah dan labu kuning.

 

Biru, ungu dan hitam

Fitonutrisi anthocyanin dan flavonoid untuk menjaga fungsi otak dan mempertahankan kesehatan di usia lanjut. Ada pada kacang hitam, terong ungu, anggur ungu dan kismis.

 

eat well live better, ayo makan sehat