Samakah Kebutuhan Buah Untuk Setiap Orang?

1 September 2021

Yuk pelajari cara memastikan seluruh keluarga makan buah dengan jenis yang tepat dan sesuai asupan yang dianjurkan.

Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan energy lebih. Pilihlah buah-buahan yang mengandung kalori lebih tinggi seperti pisang yang mengandung kalori kira-kira sebesar 150Kkal per buah. Selain pisang, mangga juga bisa dijadikan pilihan. Satu buah mangga mengandung kalori sebanyak 99 Kkal. Alpukat juga mengandung kalori tinggi dan dilengkapo dengan antioksidan dan berbagai vitamin serta mineral penting yang dibutuhkan anak-anak.

Sebaliknya, untuk pengidap penyakit tertentu seperti diabetes, sebaiknya mengurangi konsumsi buah tinggi karbohidrat dan pilihlah buah yang kandungannya bisa menurunkan kadar gula darah seperti pepaya. Selain aman bagi penderita diabetes, pepaya juga memiliki nutrisi penting lainnya yang bisa mencegah hipertensi, meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain pepaya, buah yang indeks glikemiknya rendah adalah apel dan jambu biji yang mengandung banyak serat dan antioksidan yang mengandung menurunkan kadar gula darah. Kehebatan lain dari jambu biji adakah kandungan vitamin C nya yang dua kali lebih banyak dibanding jeruk.

Untuk wanita yang sedang mempersiapkan kehamilan, pilihlah buah yang banyak mengandung folat seperti jeruk untuk memproduksi sel darah merah dan membantu tabung saraf bayi berkembang ke otak dan sumsum tulang belakang. Buah-buahan yang tinggi folat lainnya adalah pisang, papaya, mangga, bit, delima, jambu biji dan stroberi.

Jika di rumah ada lansia, perhatikan kondisi kesehatannya dan sesuaikan jenis buahnya. Kebanyakan lansia memiliki gigi yang tidak utuh, karenanya pilihlah buah-buahan yang lembut, misalnya buah naga yang berserat tinggi dan bisa melarutkan purin penyebab asam urat.

Melon juga memiliki tekstur lembut dan tinggi kalium namun rendah natrium, sehingga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Di dalam buah ini juga terdapat zat antikoagulan yang bermanfaat untuk menghentikan penggumpalan darah.

Jadi, kenali kondisi kesehatan keluarga dan sajikan buah yang sesuai, agar semua manfaat kesehatan dari buah bisa dimaksimalkan.