Mau Bikin Cabe Awet dan Tahan Lama? Begini Caranya

Untuk sebagian besar orang Indonesia, cabe merupakan salah satu bahan masakan yang hampir selalu ada disetiap resep. Oleh sebab itu, wajib rasanya menyimpan Cabe dirumah.

Supaya cabe yang kita simpan selalu awet dan tahan lama, simak beberapa cara ini.

Cabut Tangkai Cabai
Cara menyimpan cabai agar tidak cepat busuk bisa diperhatikan dari awal membelinya. Kesegaran cabai tentunya akan terjaga lebih lama bila dari awal tidak ada cacat atau bonyok. Setelah memastikan bahwa cabai yang dibeli merupakan cabai yang berkualitas dan masih mulus, kita tinggal memisahkan cabai dari tangkainya. Hal ini penting dilakukan agar cabai tahan lama saat disimpan.

Cabai tidak perlu dicuci
Perlu diingat, cabai yang baru dibeli dari pasar atau supermarket  tidak perlu dicuci. Cara menyimpan cabai agar tidak cepat busuk cukup dengan mengelap cabai saja hingga bersih. Kita bisa menggunakan tisu kering untuk mengelap cabai sebelum disimpan. Nantinya, jika ingin menggunakannya, barulah kita perlu menyucinya dengan air bersih.

Simpan dalam wadah tertutup
Cara menyimpan cabai agar tidak cepat busuk berikutnya adalah dengan menyiapkan wadah tertutup. Sebelum memasukkan cabai ke dalam wadah tersebut, kita perlu memberi alas tisu di bagian bawah dan sekeliling wadah bagian dalam. Hal ini tentunya sangat berguna agar cabai lebih tahan lama. Dalam hal ini, kita juga perlu memeriksanya. Kalau tisu sudah terasa agak basah, bisa mengganti dengan tisu baru yang masih kering. Setelah itu, tinggal memasukkan semua cabai yang ingin disimpan dalam wadah. Tata cabai yang ingin disimpan ke dalam wadah, pastikan tidak terlalu penuh agar cabe tidak bonyok dan rusak.

Masukkan satu siung bawang putih
Cara menyimpan cabai agar tidak cepat busuk berikutnya adalah dengan memasukkan satu siung bawang putih yang sudah dikupas di atas cabai. Hal ini sangat bermanfaat karena bawang putih memiliki sifat anti bakteri, sehingga cabai menjadi tidak mudah busuk dan rasa pedasnya tetap terjaga.Dengan meletakkan bawang putih yang sudah di kupas ke dalam tumpukan cabai, bisa dipastikan cabai akan awet dalam jangka waktu lama.

Tutup wadah hingga rapat
Setelah memasukkan satu siung bawang putih yang telah dikupas, langsung tutup wadah dengan rapat. Jika kamu ingin menyimpannya dalam waktu yang cukup lama, cara menyimpan cabai ini sangat penting. Pastikan sebelum memasukkannya ke dalam kulkas wadah yang berisi cabai tersebut sudah ditutup dengan rapat.

Masukkan dalam kulkas
Setelah segala persiapan cara menyimpan cabai tersebut selesai, akhirnya kamu tinggal meletakkannya di kulkas. Perlu diingat, kamu tak perlu menyimpannya di dalam freezer, cukup di rak tengah kulkas tempat biasa menyimpan buah atau sayur. Hal ini karena, jika cabai disimpan di dalam freezer justru membuatnya berair dan cepat busuk.

 

Dapatkan produk segar seperti cabe, sayur serta buah-buahan hanya di Super Indo Supermarket
supermarket murah segarnya hemat