ayo makan cemilan sehat

Ngemil sehat Yuk!

12 August 2020

Siapa sih yang tidak suka ngemil? Apalagi kalau sedang rileks berkumpul bersama keluarga, rasanya ada yang kurang kalau tidak sedia cemilan.

 

Tidak ada salahnya, selama kita tetap memilih cemilan yang sehat yang tidak berbahaya bagi kesehatan. Sebaiknya hindari jenis cemilan yang mengandung kadar gula, kadar lemak dan kadar garam yang tinggi, juga makanan yang digoreng pada suhu tinggi. Terlalu sering mengkonsumsi cemilan tidak sehat bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti obesitas. Tidak mau kan? Jadi mari kita makan baik hidup lebih sehat!

 

Nah, mari kita pilih cemilan yang tetap lezat tapi tidak berbahaya bagi tubuh, yaitu cemilan dengan kadar nutrisi tinggi dan tidak terlalu banyak diproses seperti

 

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dapat menjadi cemilan sehat asal tidak digoreng atau ditaburi garam dalam jumlah banyak.

Kacang-kacangan seperti kacang tanah, pistachio, almond, atau mete mengandung lemak baik yang menyehatkan dan kaya akan protein nabati yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

 

Kismis

Kismis mengandung mineral, vitamin dan serat yang tinggi juga baik untuk meningkatkan sistem pencernaan, kadar zat besi dan membantu pertumbuhan tulang pada anak-anak.

 

Ubi rebus

Mengandung energi, protein, karbohidrat, kalsium serta Vitamin A,B dan C. Pilihah ubi yang rasanya manis agar anak-anak lebih suka.

 

Rumput Laut Panggang

Memiliki kandungan Vitamin A, C, E, K dan B, mineral, energi, protein dan serat. Rasanya pun gurih dan teksturnya renyah, bisa menjadi alternatif pengganti keripik kemasan.

 

Kurma

Siapa bilang kurma hanya bisa dikonsumsi di bulan Ramadan? Kurma bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas karena mengandung banyak zal antioksidan seperti polifenol, sterol, tanin dan karoten.

Ayo makan sehat, cemilan yang kadar nutrisi nya tinggi!