Info Sehat: Belimbing

BELIMBING

Khasiat buah belimbing :

Dengan cara dimakan biasa atau dijadikan juice, Belimbing memiliki banyak manfaat sebagai obat tradisional atau obat alternative :

  • Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah Belimbing bermanfaat sebagai antioksidan yang berfungsi untuk memerangi radikal bebas dan mencegah penyebaran sel-sel kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah sariawan.
  • Belimbing mampu mengikat kolesterol dan asam empedu dalam usus, kemudian membantu pengeluarannya sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan melancarkan pencernaan.
  • Sedangkan kandungan Kalium yang tinggi dan Natrium yang rendah sangat memungkinkan Belimbing dijadikan sebagai obat anti hipertensi.

tips memilih buah belimbing :

Belimbing yang enak adalah yang matang di pohon. Ciri-cirinya adalah kulit mengkilat, warna kuning segar (kecuali belimbing demak yang warnanya memang putih) dan daging buah pada rusuk-rusuknya tampak penuh.

Cara mencuci dan menyiapkan buah belimbing :

Cuci buah belimbing sampai bersih dalam air yang mengalir, hingga kotoran yang menempel pada sisi-sisinya lepas dan terbawa air. Keringkan dengan lap bersih atau tissue kemudian siap potong-potong dan buang bijinya jika ingin segera disajikan.

Tips agar belimbing tetap segar setelah dipotong :

Cukup simpan belimbing dengan memakai wadah plastik kedap udara, cara ini akan membantu buah dengan mempertahankan kelembabannya.

Jenis belimbing yang tersedia di Super Indo :

  • Belimbing Madu
  • Belimbing Dewi