Tips dr Juwalita Surapsari Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

1 July 2020

Memasuki masa the new normal artinya kita pelan-pelan kembali beraktivitas seperti sebelum pandemi, dengan harus lebih memperhatikan keamanan dan kesehatan karena virus COVID-19 belum ada vaksinnya.
 
Yuk pelajari tips makan benar dari Dokter Gizi dr Juwalita Surapsari karena apa yang kita makan berpengaruh besar pada sistem imunitas tubuh kita.
 
T: Sebenarnya, bagaimana sih cara kerja sistem imunitas tubuh?
J: Ada dua sistem imunitas yaitu sistem bawaan dan sistem imunitas adaptif. Sistem imunitas bawaan ini meliputi lapisan fisik, misalnya sel pelapis saluran cerna, sel pelapis saluran napas, lapisan bio kimia dan sel selimun. Sedangkan sistem imunitas adaptif mencakup sel-sel penghasil antibodi. Ketika terdapat gangguan dari luar, misalnya infeksi virus,  maka sistem imunitas bawaan ini akan langsung bekerja untuk mengalahkan infeksi tersebut, sambil mempersiapkan terbentuknya antibodi yang akan melawan infeksi tersebut lebih lanjut.
 
T: Apakah makanan yang kita konsumsi bisa mempengaruhi sistem imunitas tubuh?
J: Makanan yang kita konsumsi mengandung macronutrient seperti protein, lemak dan karbohidrat. Protein adalah salah satu unsur pembentuk antibodi, sedangkan lemak baik seperti Omega-3 dapat berperan untuk menekan peradangan yang ditimbulkan oleh kondisi infeksi. Makanan kita juga mengandung micronutrient seperti Vitamin A, D, E dan C serta mineral seperti zinc, selenium dan asam folat yang membantu kerja sistem imunitas dengan berbagai cara. Salah satunya dengan meningkatkan sel-sel imun penghasil antibodi atau meningkatkan produksi zat yang bersifat anti mikroba.
 
T: Bagaimana komposisi makanan yang pas untuk memperkuat sistem imunitas tubuh?
J: Komposisi makanan yang ideal untuk setiap kali makan harus mengandung karbohidrat yang akan berfungsi sebagai sumber energi tubuh seperti nasi, kentang, jagung, singkong, ubi. Dilengkapi lauk sumber protein misalnya ikan, ayam, telur, daging, tahu, tempe, kacang-kacangan sebagai unsur pembentuk antibodi dan juga sayur-sayuran dan buah beraneka warna yang merupakan sumber vitamin dan mineral.
 
T: Adakah jenis makanan tertentu yang memang lebih bermanfaat dibanding jenis lainnya untuk memperkuat imunitas tubuh?
J: Semua zat gizi harus terpenuhi. Artinya tidak ada jenis makanan tertentu yang lebih bermanfaat untuk memperkuat sistem imunitas tubuh. Keragaman bahan makanan akan meningkatkan kemungkinan untuk mendapatkan zat gizi secara lengkap.
 
Nah, saat belanja nanti, pastikan untuk menyediakan bahan makanan yang lengkap dan beragam ya, karena ternyata keragaman makanan bisa membantu memperkuat sistem imunitas tubuh kita.