Tips Liburan Anak yang Aman Sehat dan Menyenangkan

  • Jeli Memilih Tujuan Liburan

Semua orang akan setuju bahwa tujuan berlibur ialah untuk menyenangkan jiwa. Akan tetapi, faktor keselamatan merupakan hal penting yang tak boleh keluarga Anda lupakan saat berlibur. Jika keluarga Anda termasuk orang yang gemar ke tempat wisata alam, Anda harus memperhatikan keadaan lingkungan setempat.

Contohnya, jika Anda senang bepergian ke pantai, Anda harus tahu pantai mana yang bersahabat dan mana yang tidak bersahabat. Tak jarang ada pantai yang memiliki ombak-ombak besar yang dapat membahayakan wisatawan, termasuk anak-anak. Anda harus mencari informasi mengenai karakteristik pantai yang akan Anda tuju untuk berjaga-jaga dari hal yang tak diinginkan.

  • Pilih Transportasi

Ketika bepergian, transportasi adalah faktor yang harus Anda perhatikan. Jika Anda bepergian dengan mobil pribadi, pastikan mobil Anda dalam kondisi prima. Bila perlu, Anda melalkuan servis terlebih dahulu sebelum bepergian.

Ketika Anda menggunakan pesawat atau sarana transportasi lainnya, Anda harus memperhatikan maskapai yang dipilih ataupun penyedia layanan transportasi lainnya. Pilihlah maskapai atau penyedia layanan transportasi yang memiliki track record baik.

  • Peka Terhadap Cuaca

Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk berwisata. Jika saat itu cuaca sedang jelek, misalnya terjadi angin yang bertiup kencang, Anda dapat membatalkan perjalanan untuk berwisata.

Jikalau Anda tengah Anda melakukan perjalanan dan mendadak turun hujan lebat, Anda dapat menunggu sampai hujan benar-benar reda untuk melanjutkan perjalanan. Hal ini bisa Anda lakukan jika bepergian menggunakan mobil.

Selain cuaca, Anda harus memperhatikan musim yang sedang terjadi. Jika Anda gemar berwisata ke pantai, Anda tentu tahu bulan-bulan apa yang cocok untuk menikmati pantai atau tempat wisata lainnya.

  • Persiapkan Perlengkapan

Jangan sampai liburan Anda berakhir dengan derita hanya karena lupa membawa perlengkapan. Anda harus mempersiapkan pakaian, jaket, atau bahkan kacamata agar tidak ada yang tertinggal. Pastikan barang-barang itu sudah terkemas rapi di dalam koper Anda.

Tak lupa, Anda harus membawa telepon genggam beserta charger-nya. Saat ini telepon genggam seakan menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang. Benda ini tak hanya berguna untuk menelepon, tetapi juga dapat memberikan Anda hiburan. Kamera termasuk barang yang tak boleh Anda lupakan. Anda tentu tak ingin melewatkan momen indah untuk diabadikan dalam jepretan kamera.

  • Siapkan Diri dan Obat-obat Pribadi

Selain itu, hal penting yang harus Anda persiapkan adalah obat-obatan pribadi. Anda pasti tak ingin waktu berlibur menjadi mengecewakan karena Anda lupa membawa obat-obatan pribadi. Jika Anda memiliki penyakit asma, Anda dapat menyiapkan tabung oksigen praktis yang dapat Anda gunakan sewaktu-waktu ketika asma menyerang. Bawalah obat-obat pribadi jika Anda memang memiliki penyakit.

Setelah semuanya sudah dipersiapkan, Anda tentu tak boleh mengabaikan kesehatan. Anda pasti tak ingin jatuh sakit di saat Anda akan berlibur. Anda perlu menjaga kesehatan, minimal satu minggu sebelum waktu pemberangkatan. Anda dapat menjaga pola makan, beristirahat yang cukup, serta berolahraga. Selain itu, H-1 menjelang pemberangkatan, Anda juga harus membiarkan diri Anda untuk tidur lebih awal. (sumber: www.lifestyle.liputan6.com)