Beda Warna Beras, Beda Manfaat?

Beras adalah salah satu bahan makanan pokok Indonesia. Bahan makanan ini merupakan salah satu sumber karbohidrat dan energi. Jenis berasa yang paling umum dikonsumsi adalah beras putih. Namun, selain beras putih tertanya masih ada beberapa jenis beras lainnya yang juga nikmat dan sehat untuk dijadikan makanan pokok. Beberapa jenis beras yang mulai banyak dikonsumsi adalah beras merah, hitam dan coklat. Masing-masing jenis ini memiliki perbedaan dan rasa beras tersendiri. Berikut ialah jenis-jenis beras dan manfaatnya.

 

Beras Putih

Warna putih pada beras ini diperoleh dari padi yang sudah digiling dam dibersihkan. Karena sudah melalui banyak proses untuk mendapatkan warna putihnya, beras ini jadi mempunyai kandungan gizi lebih rendah dan GI (Glycemic Index) lebih tinggi dibanding beras lainnya. Manfaat beras putih antara lain mengurangi gangguan pencernaan seperti diare dan radang usus besar, serta juga mengurangi morning sickness bagi ibu hamil.

 

Beras Merah

Beras merah memiliki tekstur lebih keras dibandingkan beras putih. Karena itulah banyak yang tidak menyukai beras jenis ini. Meskipun begitu, beras merah memiliki banyak manfaat diantaranya menjaga jumlah zat besi dalam tubuh dan membantu mengatur gula darah dan insulin. Beras merah mendapat warna dari antioksidan yang disebut anthocyanin yang berwarna ungu atau kemerahan. Senyawa ini diyakini bisa membantu mengurangi peradangan, alergi, menurunkan resiko kanker dan membantu menurunkan berat badan.

 

Beras Hitam

Satu sendok beras hitam mengandung lebih banyak antioksidan dan anthocyanin. Ini memberikan manfaat kesehatan lebih besar dibandingkan satu sendok blueberry yang kandungan gulanya sedikit namun kaya serat, vitamin dan Antioksidan. Kandungan zat inflamasi dan antioksidannya yang tinggi jika dibandingkan dengan jenis beras lainnya. Kemudian memiliki manfaat untuk mengobati alzheimer dan diabetes.

 

Beras Coklat

Beras ini memiliki bentuk dan warna hampir sama dengan beras merah. Beras ini selain rendah pati dan kalori didalamnya juga sangat tinggi akan serat larut. Kandungan minyak sehat dalam beras ini mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.