Info Sehat: Menyenangkan punya hobi sehat

Menyenangkan punya hobi sehat

Setiap orang pasti ingin sehat dan bugar sepanjang waktu, agar dapat melaksanakan semua aktivitas dengan lancar. Jika ingin sehat tentunya kita harus melakukan kebiasaan dan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Kita semua tahu bahwa kebiasaan sehat, misalnya tidak merokok, menjaga berat badan ideal, olahraga, makan makanan yang sehat dan banyak lagi kebiasaan sehat lainnya. Kedengarannya sangat sederhana, tetapi banyak yang telah mencoba  merasa betapa sulitnya merubah kebiasaan, beberapa orang berusaha membuat perubahan drastis, akan tetapi ketika mereka menghadapi kesulitan mereka langsung menyerah.

Berikut beberapa tips dan hobi sederhana yang dapat dilakukan agar selalu sehat dan bugar setiap hari :

  • Minum segelas air putih di pagi hari

Biasakan bangun di pagi hari dengan segelas air putih, jika Anda suka bisa ditambahkan jeruk lemon atau jeruk nipis, air putih diyakini dapat membersihkan racun dan radikal bebas di dalam tubuh, dan tentu saja agar Anda terhindar dari dehidrasi ( 60% tubuh kita adalah cairan ).

  • Tidur yang Cukup

Kurang tidur dapat membuat Anda lelah, mudah marah dan tidak dapat menjaga konsentrasi dengan baik. Kurang tidur juga dapat merusak fisik, kesehatan ( terutama kesehatan jantung ). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa 8 jam tidur per 24 jam ( sehari semalam ) merupakan kebutuhan standar rata-rata untuk orang dewasa. Tapi masing-masing orang bisa  juga berbeda-beda berkisar antara 8 -10 jam, jika Anda masih merasa mengantuk, kemungkinan Anda masih kurang tidur.

  • Peregangan di pagi hari

Peregangan dapat meningkatkan aliran darah ke otot-otot, dan memberikan ekstra oksigen yang akan berguna untuk melakukan aktivitas hari ini dengan penuh semangat.

  • Biasakan sarapan di pagi hari

Sarapan pagi ( breakfast ) sangat bermanfaat sebagai sumber tenaga untuk beraktivitas, sarapan juga dapat mencegah dari penyakit lambung ( gastritis ), tidak perlu takut gemuk, karena beberapa penelitian ( Konfrensi American heart Association 2003 ) melaporkan bahwa orang yang sarapan dipagi hari kecil kemungkinan untuk menderita gemuk dan penyakit diabetes jika dibandingkan dengan orang yang tidak sarapan (nonbreakfast ).

  • Sempatkan waktu untuk berjalan kaki setiap hari.

Kita tentunya sudah tahu keuntungan jalan kaki,akan tetapi banyak diantara kita yang merasa tidak punya waktu dan keinginan untuk berolahraga. Jika anda bekerja dikantor biasakan menggunakan tangga bukan lift, berjalan-jalan dengan teman Anda, berjalan-jalan dengan hewan peliharaan Anda sedikit lebih lama ini akan membuat Anda lebih aktif secara fisik. Beberapa peneliti mengatakan bahwa orang hanya perlu berjalan 12 mil perminggu atau sekitar 125-200 menit perminggu untuk meningkatkan kesehatan jantung mereka.

  • Lakukan interaksi sosial.

Dikatakan bahwa orang yang kesepian lebih cendrung sakit dan mati muda. Orang yang tidak memiliki teman gampang stress, depresi dan sering kurang aktif secara fisik. Para ahli mengatakan bahwa seseorang yang mempunyai interaksi sosial yang baik kesehatannya juga akan lebih baik.

  • Konsumsi makanan yang Alami ( tanpa bahan pengawet )

Teliti daftar makanan yang akan Anda beli, apakah mengandung bahan pengawet dan tidak sehat, ada banyak bahkan ratusan makanan yang tidak sehat serta mengandung pengawet yang beredar dipasaran, jadi pastikan Anda lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang sehat untuk Anda. Dapatkan informasi yang cukup tentang makanan, kosmetik dan produk lainnya yang kurang baik bagi kesehatan.

  • Cari Kegiatan baru

Menciptakan kegiatan baru bersama teman, keluarga seperti hiking, olahraga kelompok atau naik sepeda, menyalurkan hobi dapat memberikan kenikmatan tersendiri dan mengurangi stress. Anda juga akan mulai bertemu orang-orang yang memiliki minat sama seperti Anda dan mungkin mendapat beberapa teman-teman baru, asik kan ? Nikmati hobi baru Anda, dan ingat bahwa orang yang bahagia biasanya hidup lebih lama.

  • Cintai Hidup Anda

Relaks ! jangan gugup dan marah hanya karena masalah sepele, jangan terlalu serius, berikan senyum, cinta kepada orang lain, dan selalu melihat sisi terang kehidupan.

Jika tips dan hobi sederhana ini dipraktekkan dengan benar dan berkesinambungan Anda dapat mendapatkan manfaat yang luar biasa, sehat, bugar sepanjang hari dan hidup yang berkualitas (sumber: www.healthynesia.blogspot.co.id)