Buah Lokal Kaya Manfaat

19 August 2021

Indonesia merupakan negara tropis yang sangat kaya akan flora dan fauna dengan ribuan macam species dan jenisnya. Bahkan, sebagian besar tumbuh-tumbuhan yang hidup di alam Indonesia memiliki banyak manfaat baik bagi manusia, terutama untuk kesehatan dengan kandungan zat gizi yang dimilikinya, diantaranya adalah buah-buahan dengan beragam jenis serta bentuknya yang lazim kita sebut sebagai buah lokal.

Yuk kita simak beberapa buah local yang kaya manfaat, yang bisa kita temui di Super Indo, tentunya sesuai dengan musimnya yaa…

Manggis
Buah dengan rasa asam manis ini dikenal memiliki banyak manfaat. Misalnya, pada daging buahnya yang berwarna putih, memiliki kandungan antioksidan, antibiotik dan antivirus yang tinggi. Buah ini dapat meredakan kelelahan dan mengatasi masalah vertigo.

Salak
Buah Salak banyak ditemukan di daerah Sleman. Di balik kulitnya yang menyerupai sisik, salah satu manfaat salak adalah meningkatkan imunitas tubuh. Manfaat ini dapat diperoleh karena kandungan vitamin C pada salak mampu membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi. Selain itu, antioksidan seperti karotenoid dan likopen yang ada pada salak juga bermanfaat dalam meningkatkan imunitas karena mampu membantu menangkal radikal bebas yang berpotensi merusak sel dan DNA tubuh.

Jambu air
Sesuai dengan namanya, jambu air merupakan buah yang kaya kandungan air dan menyegarkan. Jambu air mengandung vitamin C dan protein nabati yang tinggi, sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit. Serta dapat menurunkan kadar kolesterol.

Rambutan
Pada musimnya, rambutan bisa dengan mudah dijumpai. Buah ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang menjaga tubuh dari radikal bebas. Kandungan karbohidrat dan proteinnya bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan dan imunitas tubuh.

Sawo
Tumbuhan khas Indonesia yang memiliki bentuk bulat dan berwarna coklat memiliki rasa yang manis dan kandungan air yang cukup banyak. Sawo kaya akan karbohidrat karena 20 persen bagiannya terdiri dari gula. Sawo juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, potasium dan antioksidan. Ini baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan mencegah penuaan dini akibat radikal bebas.

Sirsak
Buah sirsak banyak mengandung senyawa yang sangat bermanfaat bagi tubuh, yaitu karbohidrat, kalium, vitamin C, kalsium, air, serat, fosfor, dan lemak. Selain cita rasanya yang nikmat, segar, dan lezat, buah sirsak memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh kita, yaitu untuk menurunkan kolesterol, membantu mengobati hipertensi, menangkal penyakit asam urat, dan manfaat lain yang berfungsi mempertahankan imunitas tubuh kita.