Cek Makanan Yang Bisa Menaikkan Mood Anda!

Penelitian tentang hubungan antara gizi dan kesehatan mental mulai bermunculan. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa suasana hati dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk stres, lingkungan, kurang tidur, genetika, gangguan suasana hati, dan kekurangan nutrisi. Oleh karena itu, sulit untuk menentukan secara akurat apakah makanan dapat membangkitkan semangat Anda. Meski demikian, makanan tertentu telah terbukti bisa meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan dan jenis gangguan mood tertentu.

Berikut ini adalah beragam makanan sehat yang dapat meningkatkan mood Anda:

Ikan berlemak
Omega-3 berkontribusi pada fluiditas membran sel otak dan tampaknya memainkan peran penting dalam perkembangan otak dan pensinyalan sel. Sementara, sebuah tinjauan uji klinis menunjukkan bahwa dalam beberapa penelitian, mengonsumsi omega-3 dalam bentuk minyak ikan menurunkan skor depresi.

Cokelat hitam
Kakao kaya akan triptofan yang digunakan oleh otak kita untuk memproduksi serotonin, suatu neurotransmitter. Serotonin adalah hormon kunci yang membantu menstabilkan suasana hati kita.

Teh hijau
Dikenal untuk membantu penurunan berat badan dan membantu mengurangi peradangan, teh hijau juga mengandung antioksidan seperti catechin (EGCG), yang membantu meningkatkan fungsi otak. Ini juga membantu seseorang merasa waspada - berkat kandungan kafeinnya - bersama dengan peningkatan memori.

Paprika
Dikemas dengan vitamin A, dan B6, itu adalah nutrisi penting untuk perkembangan dan fungsi otak, dan juga membantu tubuh membuat hormon serotonin dan norepinefrin (mempengaruhi suasana hati).

Makanan fermentasi
Makanan fermentasi penting untuk menjaga kesehatan usus karena kaya akan bakteri probiotik. Makanan seperti kimchi, buttermilk, asinan kubis, miso, tempe, acar sayuran, kefir, yoghurt merupakan sumber probiotik yang kaya. Makanan ini penting untuk mengangkat suasana hati karena serotonin (hormon bahagia) diproduksi di usus.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan adalah sumber terkaya dari banyak vitamin, mineral, magnesium dan juga memiliki sifat antioksidan. Mereka sama pentingnya untuk menjaga mood kita tetap baik. Kadar magnesium yang rendah dapat menyebabkan peningkatan risiko depresi.

Sayuran berdaun hijau
Bayam, methi mengandung vitamin B folat, kekurangannya dapat menghambat metabolisme serotonin, dopamin, dan noradrenalin (neurotransmitter penting untuk suasana hati). Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami peran yang tepat dari folat dalam kesehatan mental.

Kafein
Kafein membantu meningkatkan kinerja dan suasana hati dengan memicu pelepasan dopamin, zat kimia otak. Kafein dapat bertindak berbeda untuk setiap individu sehingga jika kopi membuat Anda mudah tersinggung, sedih, sulit tidur, atau membawa efek buruk lainnya, hindari meminumnya. Minumlah minuman bebas kafein atau pilih minuman rendah kafein seperti teh hitam atau teh hijau.