4 Sumber Protein Nabati yang Mudah Didapat

Bagi sebagian orang, ada yang mengurangi atau bahkan tidak dapat mengonsumsi produk hewani. Untuk anda yang vegan, atau yang ingin menerapkan pola makan sehat dapat beralih ke protein nabati sebagai sumber gizi utama. Berikut beberapa rekomendasi sumber protein nabati terbaik yang mudah didapatkan!
 
1. Tempe
Olahan fermentasi kedelai ini telah menjadi salah satu makanan pokok favorit orang Indonesia. Per 100 gram tempe, terkandung 192 kkal kalori, 20,3 gram protein, 10,8 gram lemak, 7,64 gram karbohidrat, kalsium, vitamin B, dan zat besi. Tempe bisa menjadi pengganti sumber protein hewani seperti daging merah.
 
2. Tahu
Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini termasuk makanan yang rendah kalori (76 kkal), kolesterol (0 mg), dan garam (7 mg). Tahu memiliki beragam manfaat lantaran kandungannya. Per 100 gram tahu mengandung 8 gram protein, zat besi, magnesium, fosfor, tembaga, dan selenium.
 
3. Edamame
Makanan yang terbuat dari kedelai adalah sumber protein nabati yang tinggi. Setelah tahu dan tempe, edamame juga sumber protein berkualitas. Edamame rebus yang menjacamilan favorit orang Jepang ini mengandung 11,4 gram protein, 7,4 gram karbohidrat, 1,9 gram serat, 70 mg kalsium, dan 140 mg fosfor.
 
4. Almond
Kacang almond juga merupakan sumber vitamin E yang baik, yang bagus untuk kesehatan rambut dan kulit Anda. Satu ons kacang almond panggang tanpa garam mengandung 5,5 gram karbohidrat, 3,3 gram serat pangan, 8% kalsium, 7% zat besi, dan 6,5 gram protein.